Piala AFC Dihapus, 3 Kompetisi Baru Asia Diumumkan - CNN Indonesia

 

Piala AFC Dihapus, 3 Kompetisi Baru Asia Diumumkan

CNN Indonesia
Selasa, 15 Agu 2023 14:47 WIB
Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi memperkenalkan tiga nama kompetisi baru Asia yang berlaku mulai 2024/2025.
AFC umumkan tiga format kompetisi baru di Asia mulai 2024/2025. (AFP/LILLIAN SUWANRUMPHA)
Jakarta, CNN Indonesia --

Konfederasi Sepak Bola Asia (AFC) resmi memperkenalkan tiga nama kompetisi baru Asia yang berlaku mulai 2024/2025.

Dikutip dari laman AFC, Senin (14/8), Federasi Sepak Bola Asia mengumumkan tiga kompetisi baru yang berlaku mulai musim 2024/2025 yaitu AFC Champions League Elite (ACLE), AFC Champions League 2 (ACL2), dan AFC Challenge League (ACGL).

AFC Champions League Elite akan menjadi kompetisi sepak bola level teratas antarklub Asia dengan diikuti 24 tim. Kompetisi ini sebelumnya dikenal dengan nama Liga Champions Asia (LCA).

Pilihan Redaksi

Kemudian, AFC Champions League 2 menjadi level kompetisi tingkat kedua antarklub Asia dengan diikuti total 32 tim. Kompetisi ini sebelumnya bernama AFC Cup atau Piala AFC.

Sedangkan, AFC Challenge League merupakan kompetisi baru di Asia. Ajang ini akan berada di level ketiga kompetisi antarklub Asia dengan diikuti 20 tim.

AFC juga mengumumkan total hadiah juara AFC Champions League Elite bakal meningkat tiga kali lipat dari 4 juta dolar AS atau sekitar Rp61 miliar menjadi 12 juta dolar AS atau sekitar Rp184 miliar.

FOTO: Kontroversi Penalti Warnai Kemenangan Sulit MU atas Wolves

slide 1 of 8
slide 1 to 5 of 8


Selain itu, AFC juga mengumumkan kompetisi baru untuk sepak bola putri yaitu Liga Champions Wanita yang juga akan dimulai musim depan.

Presiden AFC Shaikh Salman bin Ebrahim Al Khalifa mengatakan terobosan tersebut dibuat untuk membawa kemajuan sepak bola Asia ke level yang lebih tinggi.

"Kompetisi klub kami sudah termasuk yang terbaik dan paling menguntungkan di sepak bola Kontinental, dan hari ini [kemarin] AFC memulai era baru dan bersejarah dengan inisiatif melihat masa depan sepak bola pria dan wanita Asia," ucap Shaikh Salman dikutip dari laman AFC.

"AFC telah memaparkan ambisinya yaitu untuk memastikan tim dan pemain kami terus bersinar melalui kompetisi kelas dunia," kata Shaikh Salman menambahkan.

(rhr/rhr)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita