Kisah Mia Audina, Mantan Aset Bulu Tangkis Indonesia yang Tidak Mau Menyakiti Hati Rakyat Indonesia Usai Pindah ke Belanda - inews

 

Kisah Mia Audina, Mantan Aset Bulu Tangkis Indonesia yang Tidak Mau Menyakiti Hati Rakyat Indonesia Usai Pindah ke Belanda

sports.okezone.com
July 31, 2023
Kisah Mia Audina, Mantan Aset Bulu Tangkis Indonesia yang Tidak Mau Menyakiti Hati Rakyat Indonesia Usai Pindah ke Belanda.
Kisah Mia Audina, Mantan Aset Bulu Tangkis Indonesia yang Tidak Mau Menyakiti Hati Rakyat Indonesia Usai Pindah ke Belanda.

KISAH Mia Audina mantan aset bulu tangkis Indonesia yang tidak mau menyakiti hati rakyat Indonesia usai pindah ke Belanda menarik untuk dibahas. Mungkin banyak yang belum mengenal sosok Mia Audina.

Mia Audina merupakan mantan pemain bulu tangkis Indonesia yang pernah digadang-gadang akan menjadi penerus Susy Susanti. Mia Audina telah terjun ke dunia bulu tangkis sejak muda, namun sayang ia harus menjadi warga negara Belanda.

BACA JUGA:

Meski demikian, Mia Audina mantan aset bulu tangkis Indonesia ini tak mau menyakiti hati rakyat Indonesia usai ke Belanda.

Nama Mia Audina Tjiptawan sudah diperhitungkan dalam dunia tepuk bulu sejak ia masih sangat muda. Saat menginjak usia 14 tahun, Mia sudah menjadi wakil Indonesia di ajang Piala Uber 1994. Ia bahkan menajdi peserta termuda saat itu.

Meski usianya masih sangat belia, Mia justru menjadi penentu kemenangan Indonesia dalam ajang tersebut. Pasalnya, ia berhasil menduduki partai final dan berhadapan dengan wakil China, Zhan Ning. Mia Audina pun keluar sebagai juara dengan skor akhir 11-7, 10-12, dan 11-4.

Dari turnamen tersebut, Mia secara konsisten terus mengikuti ajang turnamen lainnya dan kerap meraih juara, salah satunya turnamen Olimpiade Atlanta 1996 di AS dan meraih medali perak. Tak heran jika di masa kejayaannya Mia Audina dijuluki sebagai si Anak Ajaib.

Follow Berita Okezone di Google News

Namun, pada 1999 Mia Audina memutuskan untuk menikah dengan Tylio Arlo Lobman, seorang pria asal Suriname berkebangsaan Belanda. Setelah menikah, Mia pun harus ikut sang suami ke Belanda dan pada 2000 ia resmi pindah kewarganegaraan.

BACA JUGA:

Meski telah pindah kewarganegaraan, Mia tetap mengakui jika Indonesia adalah tanah kelahirannya. Ia juga tak pernah mau bertanding di turnamen bulu tangkis jika diadakan di Indonesia. Hal ini ia lakukan karena tak mau menyakiti hati masyarkat Indonesia.

Karena bagaimana pun Mia memulai kariernya di Indonesia dan sangat mencintai negara kelahirannya. Sehingga ia tak mau tampil di Indonesia sebagai wakil negara lain.

Mia Audina pada akhirnya gantung raket pada 2006 sebagai pebulu tangkis berkebangsaan Belanda.

Demikian Kisah Mia Audina, Mantan Aset bulutangkis Indonesia yang Tidak mau Menyakiti Hati Rakyat Indonesia Usai ke Belanda.

Follow Berita Okezone di Google News

(RNR)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita