Kisah Markis Kido/Hendra Setiawan, Rebut Medali Emas Olimpiade Satu Hari Sebelum HUT Ke-63 RI - Okezone

 

Kisah Markis Kido/Hendra Setiawan, Rebut Medali Emas Olimpiade Satu Hari Sebelum HUT Ke-63 RI

Markis Kido/Hendra Setiawan
Markis Kido/Hendra Setiawan

KISAH Markis Kido/Hendra Setiawan, rebut medali emas Olimpiade satu hari sebelum Hari Ulang Tahun (HUT) Ke-63 Republik Indonesia (RI) akan dibahas Okezone di artikel ini. Kido/Hendra adalah salah satu ganda putra terbaik yang pernah dimiliki oleh Indonesia.

Berbagai prestasi mampu diraih oleh pasangan Kido/Hendra. Salah satu yang terbaik mungkin adalah mereka mampu merebut medali emas di Olimpiade Beijing 2008.

Seperti yang diketahui, cabang olahraga (cabor) bulu tangkis menjadi salah satu penyumbang medali untuk Indonesia di pesta olahraga multievent terbesar di dunia tersebut. Tercatat Indonesia adalah tim tersukses kedua dalam sejarah cabor bulu tangkis di Olimpiade.

Sebab Indonesia sejauh ini sudah mengoleksi 21 medali, dengan rincian 8 emas, 6 perak, dan 7 perunggu. Indonesia hanya kalah dari China yang sudah membukukan 20 emas, 12 perak, dan 15 perunggu.

Dari banyaknya medali yang sudah diraih para atlet bulu tangkis Tanah Air, apa yang dicapai Kido/Hendra mungkin menjadi yang terbaik.

Sebab Kido/Hendra meraih medali emas Olimpiade Beijing 2008 itu sehari sebelum HUT Ke-63 RI. Sehingga bisa dikatakan medali emas yang diraih Kido/Hendra adalah kado ulang tahun untuk kemerdekaaan Indonesia.

Follow Berita Okezone di Google News

Ya, Kido/Hendra berhasil juara pada 16 Agustus 2008. Kala itu mereka mampu menang atas wakil China, Fu Haifeng/Cai Yun di babak final. Kido/Hendra bermain rubber game untuk bisa mengalahkan ganda putra China tersebut dengan skor 12-21, 21-11, dan 21-16.

Pada saat itu, Kido/Hendra meraih medali emas keenam untuk Indonesia. Jadi, apa yang dilakukan pasangan tersebut terbilang luar biasa.

Saat ini, Hendra masih bermain dan berpasangan dengan Mohammad Ahsan. Mereka pun beberapa kali gagal meraih medali emas dan kemungkinan akan berusaha lagi di Olimpiade Paris 2024 pada 26 Juli sampai 11 Agustus 2024.

Sementara itu, telah meninggal dunia pada 14 Juni 2021 di usia 36 tahun. Tentunya apa yang ditorehkan Kido/Hendra selamanya akan dikenang sebagai salah satu kado terbaik di HUT RI.

Follow Berita Okezone di Google News

(RNR)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita