BWF Cabut Skorsing, Atlet Badminton Rusia dan Belarusia Boleh Bertanding Lagi - inews

 

BWF Cabut Skorsing, Atlet Badminton Rusia dan Belarusia Boleh Bertanding Lagi

inews.id
August 29, 2023
Federasi Bulutangkis Dunia
Federasi Bulutangkis Dunia

KUALA LUMPUR, iNews.id - Federasi Bulutangkis Dunia (BWF) akhirnya mencabut skorsing bagi atlet asal Rusia dan Belarusia untuk bertanding. Terhitung mulai Februari 2024 atlet dari kedua negara diperbolehkan mengikuti ajang internasional sebagai atlet netral atau mewakili individu.

Dewan BWF menggelar pemungutan suara untuk menyetujui kerangka peraturan yang mengizinkan atlet berpaspor Rusia dan Belarusia menguikuti kompetisi mulai 26 Februari 2024.

“BWF bekerja sama secara erat dan konstruktif dengan IOC (Komite Olimpiade Internasional) mengenai masalah ini untuk memastikan proses pengambilan keputusan yang kredibel, bisa diandalkan, dan holistik,” kata Sekjen BWF, Thomas Lund, dalam pernyataan yang disiarkan Reuters, Selasa (29/8/2023).

Sementara itu Presiden BWF Poul-Erik Hoyer menambahkan, keputusan untuk mencabut skorsing terhadap atlet Rusia dan Belarusia yang memenuhi syarat untuk berpartisipasi sebagai atlet individu netral merupakan langkah maju yang positif.

"Selaras dengan upaya BWF untuk mempromosikan perdamaian dan solidaritas," kata Hoyer.

BWF pertama kali melarang atlet Rusia dan Belarusia bertanding pada Maret 2022, sebulan Rusia menginvasi Ukraina.

Belarusia kena getahnya karena negara itu digunakan sebagai pangkalan Rusia dalam menyerang Ukraina.

Keputusan untuk mencabut skorsing sebenarnya sudah disampaikan pada April lalu. Namun saat itu BWF belum sejalan dengan IOC. Kini BWF menyelaraskan diri dengan rekomendasi IOC untuk mengizinkan atlet dari kedua negara berkompetisi sebagai atlet netral.

Editor : Anton Suhartono

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita