Timnas Voli Putra Indonesia Dirugikan dengan Sistem Gugur AVC Challenge Cup 2023, Kenapa? - Okezone

 

Timnas Voli Putra Indonesia Dirugikan dengan Sistem Gugur AVC Challenge Cup 2023, Kenapa?

Timnas Voli Putra Indonesia kala berlaga.
Timnas Voli Putra Indonesia kala berlaga.

TIMNAS Voli Putra Indonesia dirugikan dengan sistem gugur AVC Challenge Cup 2023. Penyebabnya pun akan diulas Okezone dalam artikel ini.

Diketahui, Timnas Voli Putra Indonesia berhasil melaju ke babak 12 besar AVC Challenge Cup 2023. Kepastian itu didapat usai Farhan Halim cs sukses keluar sebagai juara Pool F.

Timnas Voli Putra Indonesia sukses memenangi 2 laga di babak penyisihan grup. Pertama, Rivan Nurmulki dkk melibas Sri Lanka dengan skor 3-1. Kemudian, Timnas Voli Putra Indonesia mengalahkan Bahrain lewat pertarungan sengit yang berakhir dengan skor 3-2.

Di babak 12 besar, Timnas Voli Putra Indonesia pun sudah mengetahui lawannya. Sebagai juara Pool F, skuad Merah Putih akan melawan runner-up Pool A, yakni Kazakhstan.

Meski sukses lolos ke babak 12 besar, Timnas Voli Putra Indonesia bisa dirugikan di sistem gugur AVC Challenge Cup 2023 karena regulasi yang diterapkan. Kerugian itu adalah Timnas Voli Putra Indonesia harus bermain di babak perempatfinal dahulu jika sukses memenangi laga di babak 12 besar. Padahal, ada tim yang bisa langsung lolos ke babak semifinal, andai menang di babak 12 besar.

Perbedaan itu bisa terjadi karena regulasi di AVC Challenge Cup 2023. Diketahui, gelaran AVC Challenge Cup 2023 diikuti 17 tim dari negara-negara di Asia dan Oseania.

Tetapi, jelang bergulirnya kompetisi, Uzbekistan dan Pakistan dikabarkan tak jadi ikut AVC Challenge Cup 2023. Tetapi, mereka tetap tercantum sehingga tak mengubah format kompetisi. Namun, Uzbekistan dan Pakistan bakal dinyatakan kalah 0-3 (0-25, 0-25, 0-25) di setiap laga babak penyisihan hingga klasifikasi.

Selain dua negara itu, India juga dipastikan hasil di seluruh penampilannya takkan diperhitungkan. Pasalnya, AVC menerima surat resmi dari Komite Ad-Hoc India pada Sabtu 8 Juli 2023 yang melarang Timnas Voli Putra India tampil di AVC Challenge Cup 2023. Meski begitu, India tetap diizinkan tampil karena sudah telanjur datang ke Taiwan.

Follow Berita Okezone di Google News

Sesuai regulasi, juara grup di setiap pool dipastikan lolos ke AVC Challenge Cup 2023. Lalu, ada runner-up terbaik juga yang menyusul memenuhi kuota 12 besar.

Di babak 12 besar, ada dua pemenang babak 12 besar yang langsung ke semifinal. Sementara itu, 4 tim lainnya pemenang babak 12 besar harus bertanding lebih dahulu di babak perempatfinal.

Timnas Voli Putra Indonesia pun dirugikan dengan regulasi itu. Sebab, berdasarkan hasil drawing, Timnas Voli Putra Indonesia tak berada di bagan yang langsung mendapat bye ke babak semifinal usai menang di babak 12 besar.

Timnas Voli Putra Indonesia sendiri, jika menang melawan Kazakhstan di babak 12 besar, akan melawan pemenang antara Hong Kong vs Thailand di babak perempatfinal. Jika menang lagi di perempatfinal, Farhan Halim dkk akan melawan pemenang laga Taiwan vs Vietnam yang mendapat bye usai babak menang di babak 12 besar.

Duel Timnas Voli Putra Indonesia vs Kazakhstan sendiri akan digelar pada 12 Juli 2023. Jika menang, tim Merah Putih akan berlaga lagi pada 13 Juli 2023 di babak perempatfinal. Sementara itu, laga semifinal akan digelar pada 14 Juli 2023 dan final pada 15 Juli 2023.

Follow Berita Okezone di Google News

(dji)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita