Pernah Main di Stadion Santiago Bernabeu dan Camp Nou, Jordi Amat Singgung Kualitas JIS - tvonenews

 

Pernah Main di Stadion Santiago Bernabeu dan Camp Nou, Jordi Amat Singgung Kualitas JIS

tvonenews.com
July 5, 2023

Jakarta, tvOnenews.com - Jakarta International Stadium (JIS) menjadi salah satu venue yang dipersiapkan untuk gelaran Piala Dunia U-17 2023. Namun, situasi JIS berpolemik karena dianggap tidak memenuhi standar FIFA

Kondisi JIS yang tidak sesuai standar FIFA disebutkan oleh tiga menteri dalam kabinet Presiden Joko Widodo, antara lain Menteri BUMN sekaligus Ketua Umum PSSIErick Thohir, Dito Ariotedjo (Menpora), dan Basuki Hadimuljono (Menteri PUPR). 

Menurut penjelasan ketiga menteri Jokowi, setidaknya ada tiga masalah di JIS yang harus segera dibenahi. Pertama soal akses keluar-masuk stadion yang minim. 

Kemudian infrastruktur kantong parkir juga kurang memadai untuk stadion dengan kapasitas 82 ribu kursi penonton tersebut. 


Tvonenews/Bagas

Adapun yang ketiga adalah persoalan rumput yang diklaim tidak sesuai dengan standar FIFA. Pemerintah pun rencananya akan mengganti seluruh rumput lapangan dengan menyiapkan dana Rp6 miliar. 

Pihak pemerintah menilai JIS butuh banyak perbaikan agar lolos inspeksi FIFA untuk venue Piala Dunia U-17. JIS pun menjadi satu dari 22 stadion yang bakal direnovasi pemerintah. 

Kesan Jordi Amat soal JIS

Beberapa bulan sebelum ramai polemik JIS, Jordi Amat sempat menjajal stadion ini bersama skuad Timnas Indonesia

Tepatnya ketika Timnas Indonesia menjalani sesi latihan untuk laga FIFA Matchday melawan Burundi, 23 Maret 2023.


Dok. PSSI

Jordi Amat pun terkesan dengan infrastruktur yang ada. Kepada awak media, bek 31 tahun itu berharap Timnas Indonesia bisa bermain di JIS. 

"Stadion ini luar biasa. Jika kami bisa bertanding di sini akan menyenangkan," kata Jordi Amat selepas latihan di JIS beberapa waktu lalu. 

Jordi Amat pun tidak menyinggung soal rumput yang tertanam di lapangan JIS. Sang pemain justru memuji JIS kemegahan yang disajikan di stadion tersebut. 

"Saya harap PSSI dan pemerintah bisa bekerja sama agar ke depan akan ada FIFA Matchday yang bisa dimainkan di sini. Pertandingan liga dan laga penting lainnya juga diharapkan main di sini," ujar Jordi Amat. 

Tidak ada keluhan dari Jordi Amat soal JIS. Padahal, dia pernah bermain di stadion berstandar tinggi seperti Santiago Bernabeu milik Real Madrid, dan Camp Nou yang ada di Barcelona. 

"Lihatlah megahnya stadion ini. Para suporter pasti bahagia, semoga bisa segera terwujud (main di JIS)," kata Jordi Amat. (mir)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita