Menpora: Pemerintah Anggarkan Rp 446 M dari Proposal Rp 1 T untuk World Beach Games By BeritaSatu

 

Menpora: Pemerintah Anggarkan Rp 446 M dari Proposal Rp 1 T untuk World Beach Games

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
June 19, 2023
Menteri Pemuda dan Olahraga
Menteri Pemuda dan Olahraga

Jakarta, Beritasatu.com- Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Dito Ariotedjo mengungkapkan bahwa pemerintah telah mengalokasikan dana sebesar Rp 446 miliar untuk penyelenggaraan ANOC World Beach Games (AWBG) 2023 di Bali.

Sebelumnya, Association of National Olympic Committee (ANOC) mengumumkan bahwa Bali telah mengundurkan diri sebagai tuan rumah AWBG 2023 karena panitia lokal atau LOC tidak menerima anggaran dari pemerintah.

"Terjadi perbedaan yang signifikan dalam hal anggaran (AWBG 2023) saat peninjauan proposal pada bulan Februari sebelum saya menjabat sebagai Menpora. Anggaran yang diajukan awalnya hampir Rp 1 triliun, tetapi setelah dilakukan review bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) dan Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan, disepakati angka sebesar Rp 446 miliar," kata Menpora Dito saat dihubungi oleh pewarta di Jakarta, Rabu (5/7/2023).

Menpora Dito menjelaskan bahwa Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) telah bekerja sama dengan BPKP dan DJA Kementerian Keuangan untuk menyusun perencanaan anggaran sesuai dengan peraturan yang berlaku.

AWBG 2023 memiliki potensi yang besar bagi Indonesia, terutama dalam pengembangan olahraga wisata atau sports tourism.

"Meskipun bukan acara resmi dari IOC seperti Olimpiade dan baru dilaksanakan dua kali oleh anggota ANOC, AWBG diyakini memberikan manfaat besar bagi Indonesia dalam hal sports tourism," ujar Dito.

Dito menyatakan bahwa pemerintah telah meminta NOC Indonesia (KOI) untuk segera melakukan perencanaan dan persiapan yang efektif dan efisien sejak Indonesia ditunjuk sebagai tuan rumah AWBG 2023.

"Ketika kami mendapat kabar bahwa Indonesia akan menjadi tuan rumah, pemerintah langsung meminta NOC Indonesia untuk merencanakan dan mempersiapkan segala hal dengan efektif dan efisien. NOC Indonesia adalah yang mengajukan Bali sebagai tuan rumah," ungkap Dito.

Dito mengungkapkan bahwa pemerintah selalu siap untuk menjadi tuan rumah acara olahraga internasional sesuai dengan program yang diusung oleh Presiden Joko Widodo.

"Indonesia selalu siap untuk menjadi tuan rumah acara internasional, baik dalam bidang olahraga maupun bidang lainnya, dengan pembangunan infrastruktur dan sumber daya manusia yang telah dicanangkan oleh Presiden Joko Widodo selama hampir satu dekade ini. Namun, pelaksanaannya harus direncanakan dengan matang agar kita dapat menyambut para tamu dengan baik," kata Dito Ariotedjo.

AWBG 2023 dijadwalkan akan diselenggarakan pada tanggal 5-12 Agustus di empat lokasi di Bali, yaitu Nusa Dua, Jimbaran, Kuta, dan Canggu, dengan partisipasi sekitar 1.500 atlet dari 130 negara.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita