Mengintip Sumber Kekayaan Menpora Dito Ariotedjo - Okezone

 

Mengintip Sumber Kekayaan Menpora Dito Ariotedjo

economy.okezone.com
July 4, 2023
Sumber kekayaan Menpora Dito Ariotedjo
Sumber kekayaan Menpora Dito Ariotedjo

JAKARTA – Mengintip sumber kekayaan Menteri Pemuda dan Olahraga atau Menpora, Dito Ariotedjo. Menpora ikut terseret dalam kasus dugaan tindak pidana korupsi Base Transceiver Station (BTS) 4G BAKTI Kominfo.

Belum lama dilantik menjadi Menpora, Dito telah diperiksa oleh kejaksaan Agung sebagai saksi kasus korupsi BTS Kominfo pada Senin (7/3/2023). Hal ini telah dibenarkan oleh Jaksa Agung Muda Pidana Khusus (Jampidsus) Kejagung, Febrie Adriansyah.

BACA JUGA:

Terseretnya Dito dalam pusaran kasus dugaan korupsi itu tak diduga-duga sehingga menimbulkan rasa penasaran masyarakat. Dito menjadi sorotan masyarakat, publik hingga mencari tahu mengenai sosok Menpora baru itu hingga ke harta kekayaannya.

Lantas, apa saja sumber kekayaan Menpora Dito Ariotedjo? Berikut penjelasannya Rabu (5/7/2023):

1. Menteri Pemuda dan Olahraga

BACA JUGA:

Dito Ariotedjo dilantik menjadi Menpora pada April 2023 lalu. Ia memegang jabatan itu karena menggantikan Zainudin Amali yang kini menjadi wakil ketua PSSI.

Follow Berita Okezone di Google News

Namun, lantaran baru tiga bulan menjabat sebagai Menpora, Dito diketahui belum melaporkan harta kekayaannya. Hal itu terungkap dalam data e-LHKPN atau Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Di dalam data itu, nama Dito tidak terdaftar, meski ia sudah menjabat sebagai pejabat publik yang harus melaporkan harta kekayaannya.

2. Pebisnis

Namun, jika ditelusuri ke belakang sebelum Ia menjadi Menteri, Dito dikenal sebagai pebisnis andal dengan segudang aset kekayaanya. Bahkan namanya pernah masuk ke dalam Forbes 30 Under 30 Indonesia pada 2020 lalu.

Bisnisnya pun berkembang dan pernah berkolaborasi dengan Raffi Ahmad dan Rudi Salim. Bersama keduanya, pria kelahiran Jakarta, 25 September 1990 itu menjalankan sebuah bisnis di bidang otomotif yang diberi nama Rans Sport.

Sejak tahun 2010 lalu, Dito telah menjalankan bisnis, yakni mendirikan sebuah perusahaan start-up di bidang energi, pertahanan dan coworking space.

Perusahaan start-up nya itu berada di bawah naungan induk perusahaan Grupara Ventures. Selain itu, Dito juga dipercaya untuk menjadi komisaris utama PT Kartika Kara Eka Nusa dan Juga Syailendra Pangan Indonesia.

3. Aktif di Organisasi

Sebagai pebisnis, Dito juga aktif di organisasi Himpunan Pengusaha Muda Indonesia (HIPMI) Jaya (Jakarta Raya) sejak tahun 2010.

Di HIPMI Ia pernah memegang posisi strategis, di antaranya sebagai ketua HIPMI Jaya pada 2016 dan kini menjabat sebagai Dewan Kehormatan HIPMI Jaya.

Tak cuma itu, sosoknya juga menjabat sebagai pengurus Ikatan Sport Sepeda Indonesia (ISSI) Provinsi DKI Jakarta.

4. Pejabat Politik

Tak puas hanya menjadi pebisnis, Dito mencoba peruntungannya di dunia politik dan bergabung dengan Partai Golkar pada 2016.

Karena sudah kenyang dengan pengalaman organisasi, Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto memercayakan Dito memegang jabatan sebagai Ketua DPP Partai Golkar Bidang Inovasi Sosial dan Ormas.

Follow Berita Okezone di Google News

(fik)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek