Korea Open 2023 - Chia/Soh Dirugikan, Pelatnas-nya Malaysia Siap Intervensi BWF - Bolasport

 

Korea Open 2023 - Chia/Soh Dirugikan, Pelatnas-nya Malaysia Siap Intervensi BWF

By Wahid Fahrur Annas, Jumat, 21 Juli 2023 | 19:15 WIB
Pasangan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, saat tampil pada laga final Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 18 Juni 2023 Pasangan ganda putra Malaysia, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, saat tampil pada laga final Indonesia Open 2023 di Istora Senayan, Jakarta, Minggu, 18 Juni 2023 (TOMMY NICOLAS/BOLASPORT.COM)

BOLASPORT.COM - Akademi Bulu Tangkis Malaysia (ABM) tak tinggal diam menyusul keputusan kontroversi dari pengadil pada pertandingan babak 16 besar ganda putra Korea Open 2023.

Juara dunia ganda putra, Aaron Chia/Soh Wooi Yik, merasa sangat dirugikan dengan keputusan hakim dalam laga menghadapi wakil Jepang, Keiichiro Matsui/Yoshinori Takeuchi.

Chia/Soh kalah via rubber game, dengan skor 21-19, 18-21, 19-21 pada laga yang digelar di Jinnam Stadium, Yeosu, Korea Selatan, Kamis (20/7/2023).

Momen yang merasa paling dirugikan adalah saat Chia/Soh melakukan servis.

Tepatnya ketika lawan mengubah skor dari 16-18 menjadi 16-19 pada gim penentuan berkat servis flick, Chia/Soh menunjuk pelanggaran lawan karena mengangkat kaki.

Baca Juga: Korea Open 2023 - Kebangkitan Pawang Ganda Putra Indonesia, Final Kepagian untuk Fajar/Rian

Laws of Badminton mengatur bahwa kedua telapak kaki pemberi dan penerima servis harus memijak permukaan lapangan sampai servis dieksekusi.

Adapun Matsui, saat memberikan servis kepada Soh Wooi Yik, dia terlihat mengangkat kaki kirinya dan bergerak ke sisi yang sama.

Servis colongan Matsui bergerak melewati kepala Soh Wooi Yik dan mendarat hampir di belakang badannya. Soh akhirnya gagal mengantisipasinya.

Soh dan Chia melakukan protes. Dua kali Chia memeragakan gerakan mengangkat kaki sebelum servis ke wasit lapangan.

Meski demikian, poin tetap diberikan kepada pasangan Jepang sehingga mendapatkan angin pada momen-momen krusial ini.

Karena momen itu, ABM siap mengintervensi urusan BWF dalam hal meningkatkan kualitas ofisial pertandingan.

Chia/Soh melakukan protes keras kepada wasit bahwa hakim servis tidak melakukan tugasnya dengan benar selama pertandingan.

Pasangan Malaysia itu mengklaim bahwa ada banyak kesalahan servis selama pertandingan, tetapi hakim servis tidak mengambil tindakan terhadap Matsui/Takeuchi.

Kepala eksekutif ABM, Michelle Chai, mengatakan bahwa mereka akan mengangkat masalah ini kepada BWF, namun tidak akan mengajukan protes resmi.

"Kami akan menyurati BWF mengenai masalah ini. Namun, ini bukan laporan atau protes resmi," kata Chai dikutip BolaSport.com dari New Straits Times.

Baca Juga: Korea Open 2023 - Runtuh di Istora, Dominasi 4 Tunggal Putri Terkuat Kembali

"Kami akan mengingatkan BWF bahwa kualitas ofisial pertandingan harus ditingkatkan," kata Chai.

"Dan kami bersedia bekerja sama dengan BWF untuk membantu meningkatkan kualitas ofisial pertandingan."

"Kami tidak ingin menunjuk atau menyalahkan petugas pertandingan tertentu, kami hanya ingin memperbaiki keadaan," ujarnya.

Dia menambahkan bahwa kemarahan yang ditunjukkan Chia/Soh adalah hal yang wajar bagi para atlet untuk mengeluarkan keluh kesahnya, namun mereka juga tidak boleh melampaui batas.

Matsui/Takeuchi pada akhirnya harus tersingkir pada babak perempat final usai dikalahkan wakil tuan rumah, Kang Min-hyuk/Seo Seung-jae, via rubber game dengan skor 20-22, 21-18, 14-21.

Baca Juga: Korea Open 2023 - Comeback 5 Angka dan Kunci Fajar/Rian Redam Kebangkitan Ganda Malaysia

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek