Profil Silvio Berlusconi, Mantan Pemilik AC Milan dan Monza yang Meninggal Dunia - Okezone

 

Profil Silvio Berlusconi, Mantan Pemilik AC Milan dan Monza yang Meninggal Dunia

Profil Mantan pemimil AC Milan, Silvio Berlusconi yang meninggal dunia
Profil Mantan pemimil AC Milan, Silvio Berlusconi yang meninggal dunia

PROFIL Silvio Berlusconi, mantan pemilik AC Milan dan Monza yang meninggal dunia akan diobahas di artikel ini. Seperti yang diketahui, Berlusconi baru saja meninggal di usia 86 tahun di Rumah Sakit San Raffaele, Milan, Italia pada Senin (12/6/2023).

Kepergian Berlusconi jelas menjadi kabar duka untuk dunia sepakbola, khususnya untuk Italia, Milan, dan Monza. Sebab tiga hal tersebut merupakan hal yang membuat nama Berlusconi terkenal di dunia.

Seperti yang diketahui, Berlusconi pernah menjadi pemilik dan presiden AC Milan. Ia bahkan pernah terjun ke dunia politik dan sukses menjabat sebagai Perdana Menteri (PM) Italia.

Baru-baru ini, tepatnya pada September 2018 lalu, Berlusconi pun membeli klub Italia yang bermain di kasta ketiga, AC Monza. Berkat bantuan Berlusconi, Monza pun berhasil bermain di Serie A pada musim Liga Italia 2022-2023.

Lantas bagaimana cerita singkat mengenai perjalanan Berlusconi di dunia sepakbola Italia? Pertama, nama Berlusconi terkenal berkat keputusannya menyelamatkan AC Milan dari kebangkrutan.

Tepatnya Berlusconi membeli AC Milan ketika klub berjuluk Rossonerri itu hampir bangkrut pada 1986. Berlusconi kemudian mengubah AC Milan menjadi monster Eropa dengan merekrut banyak pemain berbakat ke klub.

Selain pemain, pelatih kelas dunia pun mampu didatangkan oleh Berlusconi. Hasilnya, berbagai gelar mampu diraih Milan.

Follow Berita Okezone di Google News

Dengan segudang pemain bintang, Berlusconi mampu membawa AC Milan terbang tinggi. Secara keseluruhan, pria kelahiran Milan, Italia itu mampu membawa Rossoneri meraih 29 trofi, termasuk lima gelar Liga Champions.

Kepemimpinan Berlusconi kemudian berakhir setelah 31 tahun, tepatnya pada tahun 2017. Berlusconi digantikan oleh pengusaha China, Li Yonghong yang membeli klub dengan nominal 470 juta euro (Rp7,5 triliun).

Mengakhiri legasi di AC Milan, Berlusconi kemudian membeli klub kasta ketiga Liga Italia, Monza. Di bawah kepemimpinan Berlusconi, Monza kemudian berhasil promosi ke kasta teratas untuk pertama kalinya untuk musim 2022-2023.

Monza mengakhiri musim pertamanya di kasta teratas pada urutan ke-11 setelah mengumpulkan 52 poin. Berlusconi berpulang setelah meninggalkan warisan besar untuk dua klub Italia tersebut. Begitulah perjalanan singkat dari kehebatan Berlusconi di dunia sepakbola Italia.

Profil Silvio Berlusconi:

Nama: Silvio Berlusconi

Tanggal Lahir: 29 September 1936

Tempat Lahir: Milano, Italia

Tanggal Kematian: 12 Juni 2023

Pekerjaan Sebelum Wafat:

-Pemilik AC Milan (1986-2017)

-Presiden AC Milan (1986-2004)

-Presiden AC Milan Jilid II (2006-2008)

-Presiden Kehormatan AC Milan (2012-2017)

-Perdana Menteri di Empat Pemerintahan (1994-1995, 2001-2006, dan 2008-2011)

Follow Berita Okezone di Google News

(RNR)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita