Persis Solo Vs Jeonbuk Hyundai Motors FC, Bakal Diuji Coba Sistem Keamanan Tanpa Polisi Dalam Stadion Manahan - Kompas

 

Persis Solo Vs Jeonbuk Hyundai Motors FC, Bakal Diuji Coba Sistem Keamanan Tanpa Polisi Dalam Stadion Manahan - Kompas.com

Jun. 16th, 2023

KomentarLihat Foto

KOMPAS.COM/Fristin Intan Sulistyowati

Ketua Panitia Penyelenggara (Panpel) Stadion Manahan, Ginda Ferachtriawan

SOLO, KOMPAS.com - Jelang laga Persis Solo melawan tim asal Korea Selatan, Joenbuk Hyundai Motors FC, pengamanan dalam Stadion Manahan tidak berasal dari aparat kepolisian.

Ketua Panitia Penyelenggara (Panpel), Ginda Ferachtriawan mengatakan, aparat keamanan ini digantikan tenaga keamanan non aparat yang telah terlatih Steward, dengan total 300-an orang.

Mereka nantinya akan bertugas mengawasi gerak-gerik pada supoter selama di tribun Stadion Manahan, yang berkapasitas 20.000 kursi.

Sementara itu, polisi hanya akan bertugas melakukan pengamanan di luar stadion.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Baca juga: FX Rudy Minta Kaesang Segera Daftar PDI-P jika Ingin Maju Pilkada Solo 2024

Hal tersebut berdasarkan Peraturan Polisi (Perpol) Nomor 10 Tahun 2022 tentang Kewenangan Pengamanan Penyelenggaraan Kompetisi Olahraga.

"Sesuai aturan yang baru pihak kepolisian memang akan berada di luar area stadion. Dan tadi sore technical meeting. Kami semua, ketemu dengan pihak kepolisian semua elemen suporter kami hadirkan dan mereka juga siap untuk membantu jalannya pertandingan," kata Ginda, di Stadion Manahan, pada Jumat (16/6/2023).

Selain itu, mekanisme minimalisasi aparat kepolisian ini juga menjadi pengaman uji coba, menyambut Liga 1 2023/2024.

"Akan kami gunakan untuk Liga 1. Makanya, besok kami akan melihat apa yang masih kurang sehingga bisa jadi evaluasi dan perbaikan untuk pertandingan berikutnya," ujar dia.

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka mengatakan, laga ini menjadi bentuk manifestasi dari hubungan persahabatan antara Korea Selatan dan Indonesia yang sudah terjalin selama 50 tahun.

Baca juga: Kuota Siswa Miskin PPDB SMP di Solo Penuh, Sejumlah Sekolah Tolak Calon Siswa

"Selain laga persahabatan, pihak Hyundai Jeonbuk juga membagikan ilmu untuk pembinaan usia muda dengan mengadakan sesi coaching clinic dan pembagian bola untuk sekolah sepak bola di Solo," kata Gibran.

"Harapan saya, sinergi ini bisa berlanjut bukan hanya dalam lingkup sepak bola saja, tapi juga berlanjut untuk kebaikan lainnya seperti, promosi kebudayaan dan pariwisata," ujar dia.

Dapatkan update berita pilihan dan breaking news setiap hari dari Kompas.com. Mari bergabung di Grup Telegram "Kompas.com News Update", caranya klik link https://t.me/kompascomupdate, kemudian join. Anda harus install aplikasi Telegram terlebih dulu di ponsel.

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+


Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita