Exco PSSI, Arya Sinulingga Klarifikasi Komentar Balasan ke Netizen terkait Shin Tae-yong yang Viral di Media Sosial - bolacom

 

Exco PSSI, Arya Sinulingga Klarifikasi Komentar Balasan ke Netizen terkait Shin Tae-yong yang Viral di Media Sosial

Oleh Muhammad Adi Yaksa diperbarui 28 Jun 2023, 15:59 WIB
<p>Exco PSSI, Arya Sinulingga memberikan keterangan saat acara Ngobrol Seru BRI Liga 1 di KLY Office, Menteng, Jakarta, Kamis (01/06/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)</p>
Exco PSSI, Arya Sinulingga memberikan keterangan saat acara Ngobrol Seru BRI Liga 1 di KLY Office, Menteng, Jakarta, Kamis (01/06/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Bola.com, Jakarta - Anggota Komite Eksekutif (Exco) PSSI, Arya Sinulingga, viral di media sosial. Pria berusia 52 tahun itu berbalas komentar dengan netizen akibat komentarnya yang dianggap menyinggung pelatih Timnas Indonesia, Shin Tae-yong.

Kejadian berawal dari unggahan Arya Sinulingga di akun Instagramnya, @arya.m.sinulingga, pada 25 Juni 2023. Dia meminta warganet untuk tidak lagi mengingat insiden local pride dan anti-pemain naturalisasi atau keturunan.

Peristiwa yang dimaksud ialah ketika pelatih kiper timnas U-16, Markus Horison dan staf pelatih lainnya berteriak 'local pride' ketika juara Piala AFF U-16 2022 pada Juli-Agustus tahun lalu di Yogyakarta.

Postingan dari Arya Sinulingga itu juga untuk memasang badan terhadap Bima Sakti, yang baru saja ditunjuk PSSI sebagai pelatih Timnas Indonesia U-17 di Piala Dunia U-17 2023.

2 dari 4 halaman

Unggahan Arya Sinulingga

<p>Exco PSSI, Arya Sinulingga memberikan keterangan saat acara Ngobrol Seru BRI Liga 1 di KLY Office, Menteng, Jakarta, Kamis (01/06/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)</p>
Exco PSSI, Arya Sinulingga memberikan keterangan saat acara Ngobrol Seru BRI Liga 1 di KLY Office, Menteng, Jakarta, Kamis (01/06/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Mayoritas netizen tidak sepakat dengan keputusan PSSI yang memercayai Bima Sakti sebagai nakhoda Timnas Indonesia U-17 untuk Piala Dunia U-17 2023 karena rekam jejak masa lalu seperti kegagalan lolos ke Piala Asia U-17 2023 dan kasus local pride.

"Hentikan ucapan diskriminasi local pride dan anti naturalisasi atau keturunan. Yang terbaik untuk Merah Putih. PSSI sudah berubah kenapa Anda tidak mau berubah," tulis Arya Sinulingga.

Seorang netizen dengan akun Instagram @hernindashf mengomentari unggahan Arya itu. "Lebih bangga sama Shin Tae-yong sih. Bawa Timnas Indonesia ke Piala Asia. Juara Piala AFF dan SEA Games mah ciki," ungkap @hernindashf.

"Shin Tae-yong ketika melatih di SEA Games 2021 hasilnya apa dek? Ciki-ciki. Tapi, ciki pun 32 tahun tidak bisa juara. Ciki-ciki," ujar Arya membalas.

3 dari 4 halaman

Menyebar di Dunia Maya

<p>Exco PSSI, Arya Sinulingga&nbsp;berpose di depan fotografer setelah acara Ngobrol Seru BRI Liga 1 di KLY Office, Menteng, Jakarta, Kamis (01/06/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)</p>
Exco PSSI, Arya Sinulingga berpose di depan fotografer setelah acara Ngobrol Seru BRI Liga 1 di KLY Office, Menteng, Jakarta, Kamis (01/06/2023). (Bola.com/Bagaskara Lazuardi)

Tangkapan layar komentar Arya itu dengan cepat menyebar di media sosial. Dia dianggap sebagai Exco PSSI yang anti dengan Shin Tae-yong. Kepada Bola.com pada Rabu (28/6/2023), Arya memberikan klarifikasi.

"Ada yang menghilangkan tanya jawab secara sengaja dan hanya menyebarkan tulisan yang saya buat," ujar Arya.

"Konteksnya adalah ketika ada pernyataan yang mengatakan Shin Tae-yong membawa Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023, dan meremehkan juara Piala AFF dan SEA Games yang mengatakan bahwa itu adalah ciki."

"Padahal kita tahu, kita tidak pernah menang SEA Games selama 32 tahun. Masa dikatakan ciki. Demikian juga Shin Tae-yong pernah menjadi pelatih untuk SEA Games 2021, apakah itu juga ciki?".

"Jadi konteksnya bukan membandingkan pelatih. Tapi kita harus menghargai setiap pencapaian bangsa ini dan menghargai setiap pelatih yang ada. Jangan dibanding-bandingkan," jelas Arya.

4 dari 4 halaman

Percaya dengan Shin Tae-yong

"Tambahan, Shin Tae-yong adalah pelatih yang dipercaya saat ini, demikian juga pelatih-pelatih lainnya. Mari kita hargai apapun pencapaian mereka," terang Arya.

"Sebab, mereka saat ini semuanya dipercaya untuk memimpin menjadi pelatih Timnas Indonesia berbagai level usia," ungkap lelaki yang juga Staf Khusus Erick Thohir yang menjadi Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) RI itu.

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita