Bikin Bangga Indonesia, Lifter Rahmat Erwin Abdullah Borong 3 Emas di Grand Prix IWF Kuba 2023 - inews

 

Bikin Bangga Indonesia, Lifter Rahmat Erwin Abdullah Borong 3 Emas di Grand Prix IWF Kuba 2023

inews.id
June 13, 2023
Rahmat Erwin Abdullah tampil mengila di Grand Prix International Weighlifting Federation
Rahmat Erwin Abdullah tampil mengila di Grand Prix International Weighlifting Federation

HAVANA, iNews.id- Atlet angkat berat Indonesia, Rahmat Erwin Abdullah tampil mengila di Grand Prix International Weighlifting Federation (IWF) Kuba 2023. Rahmat memborong 3 emas di ajang itu.

Turnamen angkat berat kelas internasional itu berlangsung di Pabexpo Exhibition Complex, Havana, Kuba pada Rabu (14/6/2023) pagi WIB. Rahmat berhasil mengalahkan lawan-lawannya dalam kompetisi itu.

Pada angkatan Snatch, Rahmat berhasil mengangkat beban seberat 156 kilogram (kg). Dengan beban seberat itu, Rahmat sukses mengalahkan lifter Turkmenistan, Torayev Gaygysyz (144 kg), dan lifter Kanada, Samuel Guertin (140 kg).

Hebatnya, Rahmat hanya turun satu kilogram setelah mencetak angkatan terbaiknya di SEA Games Kamboja 2023 lalu. Kala itu, lifter asal Makassar, Sulawesi Selatan itu sukses mengangkat beban seberat 157 kg.

Editor : Ibnu Hariyanto

Follow Berita iNews di Google News

Kemudian, Rahmat juga merajai angkatan Clean & Jerk yang diketahui menjadi andalannya selama ini. Rahmat berhasil mengangkat beban seberat 202 kg, yang hampir memecahkan rekor dunia milik lifter Bulgaria Carlos Nasar di angka 209 kg.

Keunggulan dalam angkatan Snatch dan Clean & Jerk membuat Rahmat menang secara total angkatan. Tercatat, atlet berusia 22 tahun itu berhasil mengangkat beban seberat 358 kg, jauh dari Gaygysyz (319 kg), dan Guertin (313 kg).

Pelatih kepala Pelatnas Angkat Besi, Dirdja Wihardja mengatakan senang dengan pencapaian anak asuhnya. Dirdja optimis, Rahmat mampu memecahkan rekor baru pada kompetisi angkat berat selanjutnya.

“Luarbiasa Rahmat nyaris memecahkan rekor dunia. Sedikit lagi terkunci pada angkatan Jerk namun sayangnya terlepas ke belakang. Saya optimistis di next event, rekor itu akan menjadi miliknya,” kata Dirdja dikutip dari rilis resmi PB PABBSI, Rabu (14/6/2023).

Editor : Ibnu Hariyanto

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita