Sudirman Cup 2023 - China Blak-blakan Jadikan Ganda Putra Indonesia sebagai Kiblat By BolaSport

 

Sudirman Cup 2023 - China Blak-blakan Jadikan Ganda Putra Indonesia sebagai Kiblat

By BolaSport.com, Nestri Y
bolasport.com

BOLASPORT.COM - Pelatih ganda putra ChinaChen Qi Qiu tak sungkan mengakui bahwa ia menerapkan latihan dengan mengadopsi strategi ganda putra Indonesia yang dianggap sebagai kiblat pasangan top dunia.

Kekuatan ganda putra Indonesia masih terus menjadi sorotan utama.

Bahkan raksasa bulu tangkis China pun terus memantau perkembangan ganda putra Merah Putih jelang Sudirman Cup 2023.

Dalam suatu kesempatan jelang persiapan menuju turnamen beregu campuran paling bergengsi di dunia itu, Chen Qi Qiu selaku pelatih utama ganda putra China tidak ragu untuk mengakui kehebatan ganda putra Indonesia.

Bulu tangkis China memang sedag dihadapkan ujian besar sejak ditinggal sejumlah wakil andalan di nomor ganda putra, yang satu per satu telah pensiun.

Walau saat ini China punya Liu Yu Chen/Ou Xuan Yi (rank 6) dan Liang Wei Keng/Wang Chang (7), Chen Qi Qiu masih sering menghadapi kesulitan jika anak-anak didiknya berhadapan dengan pasukan Herry Iman Pierngadi dan Aryono Miranat itu.

Di peringkat 15 besar dunia, ada setidaknya empat pasangan ganda putra Indonesia.

Diantaranya Fajar Alfian/Muhammad Rian Ardianto (1), Mohammad Ahsan/Hendra Setiawan (2), Leo Rolly Carnando/Daniel Marthin (11) dan Muhammad Shohibul Fikri/Bagas Maulana (14).

Keempatnya sering kali silih berganti menaklukkan ganda putra China.

Tak heran jika Chen Qi Qiu pun akhirnya mengakui bahwa pola latihan dan strategi permainan yang diterapkan pada anak didiknya, adalah mengadopsi gaya bermain ganda putra Indonesia.

Sebagaimana yang ia tuangkan dalam wawancara bersama CGTN Sports Scene.

"Liu/Lou dan Liang/Wang kini telah menemukan gaya permainan mereka sendiri," kata Chen Qi Qiu.

"Kami juga terinspirasi dari strategi (permainan) dari ganda putra Indonesia, yang mana mereka adalah salah satu lawan terkuat kami," aku Chen.

China hanya akan diperkuat dua pasangan ganda putra pada Sudirman Cup 2023.

Berbekal latihan dengan menerapkan pola main khas Indonesia, Chen yakin anak didiknya sudah bisa berbicara banyak saat diperlukan pada turnamen beregu yang berlangsung pada 14-21 Mei ini.

"Mereka sudah menemukan pola main mereka sendiri, dan taktik yang mereka punya juga sangat cocok dengan mereka," kata pelatih yang terkadang dijuluki Coach Ferguso itu.

"Liu/Ou dan Liang/Wang mengamankan tempat mereka masuk dalam tim beregu China (di Sudirman Cup 2023) setelah melihat penampilan mereka pada satu tahun terakhir tiap mengikuti turnamen."

"Saya harap di Sudirman Cup 2023 ini, mereka bisa lebih percaya diri dengan melawan wakil-wakil yang berperingkat lebih tinggi," tandasnya.

Sudirman Cup 2023 menjadi event pertama bulu tangkis yang akhirnya kembali diselenggarakan di China setelah sempat hiatus menjadi tuan rumah sejak pandemi Covid-19.

Pada edisi kali ini, China yang telah memenangkan 12 gelar Piala Sudirman bertekad untuk meraihnya lagi dalam tiga edisi beruntun sejak menang pada 2019 dan 2021.

Di sis lain, Indonesia juga tak mau kalah.

Sudah cukup sangat lama Indonesia tak berhasil membawa pulang Piala Sudirman setelah terakhir kali meraihnya pada edisi perdana, tahun 1989.

Sejauh ini hanya ada tiga negara yang pernah memenangi Sudirman Cup.

Selain China dan Indonesia, satu lagi adalah Korea Selatan yang pernah menang tiga kali.

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita