Sosok Rio Fahmi, Pemain Timnas U-22 Asal Banjarnegara Dikenal Pendiam dan Ramah - inews

 

Sosok Rio Fahmi, Pemain Timnas U-22 Asal Banjarnegara Dikenal Pendiam dan Ramah

8-10 minutesSosok Rio Fahmi, Pemain Timnas U-22 Asal Banjarnegara Dikenal Pendiam dan Ramah Ilham Rio Fahmi (tengah) saat kembali ke Banjarnegara usai meraih medali emas SEA Games 2023 bersama Timnas U-22. (Foto Dok KONI Banjarnegara)

BANJARNEGARA, iNews.id – Ilham Rio Fahmi, salah satu pemain yang ikut mengantarkan Timnas Indonesia U-22 meraih medali emas sepak bola SEA Games 2023 Kamboja. Timnas U-22 merebut emas usai mengalahkan Thailand 5-2 di partai final.

Shopee

SHOPEE BRAND FESTIVAL

Spesial Brand Festival! Selected Product diskon s/d 40%|Mall FLASH SALE|Dapatkan Cashback Spesial s/d 50%

LIHAT
KODE YSX

S & K ðŸ“… 31 May 2023

Dalam laga melawan Thailand, Rio Fahmi-sapaan akrabnya, diturunkan pelatih Indra Sjafri sebagai pemain pengganti. Namun aksinya dalam membantu serangan tim Garuda Muda cukup membuat lini pertahanan Thailand kocar kacir.

Baca Juga

Rio Fahmi Curhat Panasnya Suhu saat Indonesia Vs Filipina: Sampai 38 Derajat Celcius

Terbukti satu asisst-nya di menit ke 107 pada Fajar Fathurrahman mampu menjebol gawang Thailand dan menambah keunggulan timnas menjadi 4-2 sebelum akhirnya dituntaskan oleh Beckham Putra menjadi 5-2.

Gol ke lima yang dietak oleh Beckham Putra juga tidak lepas dari aksi Rio Fahmi yang ikut menusuk ke pertahanan lawan. Aksi Rio Fahmi di lapangan berbanding terbalik dengan kebiasaanya di luar lapangan yang dikenal santun dan pendiam.

Baca Juga

Rio Fahmi Trending Topic usai Indonesia Bantai Filipina di SEA Games, Netizen: Masterclass!

Ilham Rio Fahmi memang dikenal pendiam dan ramah, dia juga mudah bergaul dengan teman-teman maupun orang di sekitarnya, namun siapa sangka, pemuda asli Banjarnegara kelahiran 6 Oktober 2001 ini selalu tampil garang saat di lapangan.

Berposisi sebagai pemain belakang, Rio Fahmi digadang-gadang sebagai pemain belakang terbaik Persija Jakarta di masa depan, bahkan dirinya selalu menjadi kepercayaan bagi tim Macan Kemayoran dalam mengarungi Liga 1. Kepercayaan ini benar-benar dimanfaatkan dengan baik oleh jebolan pemain Persibara Banjarnegara Junior Piala Soeratin U-17.

Baca Juga

Rio Fahmi Ungkap Menu Latihan Timnas Indonesia U-22 Jelang Lawan Filipina di SEA Games 2023

Dikutip dari iNdewsBanjarnegara.id, Rio Fahmi mengawali karier sepak bola dari bangku SMPN 5 Banjarnegara, bahkan saat Rio diasuh langsung oleh Pelatih Persibara Banjarnegara Junior Rio Hermawan. Tak hanya itu Rio Fahmi juga sukses menembus tim Persibara Banjarnegara junior yang akan turun di ajang Piala Soeratin di bawah sang manajer Lasmi Indaryani.

Kemampuan Rio Fahmi dalam menjaga lini pertahanan dan membantu serangan timnya terus meningkat, bakatnya semakin terlihat saat dirinya melanjutkan pendidikan di MAN 2 Banjarnegara, dimana sekolah tersebut merupakan sekolah rujukan sepak bola di Kabupaten Banjarnegara.

Baca Juga

Rio Fahmi Bocorkan Persaingan Posisi Bek Kanan Timnas Indonesia U-22, Cuma Dihuni 2 Pemain

Semasa di MAN 2 Banjarnegara, Rio Fahmi terus diasah kemampuannya oleh Rio Hermawan hingga masuk dalam skuat inti tim sekolah M2B Banjarnegara. Tak cukup sampai di situ, Rio Fahmi terus berlatih dengan keras demi mewujudkan impiannya masuk dan bermain bersama tim yang diidolakannya Persija Jakarta.

Rio mengakui, hal yang paling bersejarah dalam karier sepak bolanya adalah saat dirinya berusia 16 tahun, saat itu dia rela datang ke Stadion Wijaya Kusuma Cilacap demi menyaksikan tim idolanya Persija Jakarta berlaga melawan Madura United di turnamen Cilacap Cup 2017.

Rio sendiri sudah mengidolakan Persija Jakarta sejak 2012, turnamen Cilacap Cup 2017 menjadi hal bersejarah bagi Rio Fahmi yang bisa secara langsung melihat pertandingan tim idolanya. Pertandingan tersebut membuat dirinya semakin bersemangat untuk terus berjuang dan berlatih demi bisa mengenakan jersey resmi Persija Jakarta di kompetisi resmi.

Berkat kegigihan dalam berlatih dan potensi yang miliki Rio Fahmi saat berseragam Persibara Banjarnegara Junior, warga Desa Ampelsari Banjarnegara ini ternyata mendapat perhatian dari Persija yang notabene adalah klub pujaannya, hingga akhirnya bisa bergabung dengan Persija Jakarta junior pada tahun 2020.

Tak butuh waktu lama bagi Rio muda untuk bisa menembus skuat senior tim Macan Kemayoran, Rio Fahmi resmi masuk skuat tim senior setelah satu tahun bersama tim Persija Jakarta Junior. Secara resmi Ilham Rio Fahmi menjadi bagian dari skuad Persija untuk menghadapi kompetisi Liga 1 2021-2022. Dengan potensi yang ia miliki, Rio digadang-gadang bakal menjadi bek kanan masa depan Macan Kemayoran. 

"Saat itu saya tidak menyangka bisa mengenakan jersey Persija Jakarta dan bermain untuk klub idola. Tetapi saya tidak mau berekspektasi terlalu tinggi. Saya mau step by step. Apa yang ada di depan mata saya jalankan dulu. Harus kerja keras lagi," katanya.

Tak hanya itu, aksinya di lapangan juga membuat kepincut pelatih tim nasional Shin Tae-yong demi mengisi posisi full back di tim garuda skuat asuhannya. Berkat penampilannya pula Rio Fahmi mendapat kepercayaan dari Shin Tae-yong di Sea Games 2021. Full-back yang saat itu baru berusia 20 tahun itu dipercaya masuk dalam skuat timnas U-23 Indonesia untuk menghadapi Timor Leste. 

Nama Ilham Rio Fahmi masuk dalam daftar 20 pemain timnas U-23 Indonesia yang dipanggil Shin Tae-yong untuk berlaga pada SEA Games 2021 di Hanoi, Vietnam. Adapun, Timnas U-23 Indonesia besutan Shin Tae-yong berada di Grup A.

Di Grup A, Garuda Muda bersaing dengan Vietnam selaku tuan rumah, Myanmar, Filipina, dan Timor Leste. Pada pertandingan pertama grup A kontra Vietnam, Indonesia kalah dengan skor 0-3. Ketika itu, Shin Tae-yong memberi kepercayaan kepada Ilham Rio Fahmi untuk menghuni sisi kanan pertahanan Garuda Muda. 

Rio menjadi bagian dari kuartet lini belakang Timnas U-23 Indonesia bersama Fachruddin Aryanto, Rizky Ridho Ramadhani, dan juga Firza Andika. Sayangnya, Rio Fahmi dkk tak mampu membendung agresivitas Vietnam yang berhasil menyarangkan tiga gol.

Kegagalan di SEA Games 2021 Vietnam dibayar lunas pada SEA Games  Kamboja 2023 dengan melaju ke babak final dan menumbangkan ambisi Thailand dengan skor 5-2 sekaligus memastikan timnas Timnas U-22 meraih medali emas sepak bola SEA Games 2023.

Editor : Ahmad Antoni

Follow Berita iNewsJateng di Google News

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita