SEA Games 2023: Kemenangan Pesilat Safira Dwi Dianulir, Ada Apa? - inews.id

 

SEA Games 2023: Kemenangan Pesilat Safira Dwi Dianulir, Ada Apa?

inews.id
May 10, 2023
Kemenangan pesilat Indonesia, Safira Dwi Meilani di SEA Games 2023 dianulir.
Kemenangan pesilat Indonesia, Safira Dwi Meilani di SEA Games 2023 dianulir.

PHNOM PENH, iNews.id – Kemenangan pesilat Indonesia, Safira Dwi Meilani di SEA Games 2023 dianulir. Akibatnya dia harus puas mendapat perak.

Safira melawan wakil Vietnam, Hoang Hong An Nguyen pada partai final nomor Kelas B Putri cabor Pencak Silat, Rabu (10/5/2023) siang WIB. Pertandingan itu dihelat di Convention and Exhibition Center, Phnom Penh, Kamboja.

Safira Dwi menghadapi Dia bermain luar biasa sejak awal sehingga seharusnya mampu mengamankan kemenangan dengan skor 61-43. Akan tetapi, keputusan kontroversial dibuat oleh wasit yang memutuskan dirinya kalah.

Pada ronde pertama, Safira mendapat perlawanan yang cukup ketat dari Phiraphon. Namun, berkat ketangkasannya mencuri poin lewat tendangan, dia mampu memimpin 11-1.

Pertandingan pun berjalan semakin sengit di ronde kedua. Kedua pesilat saling jual beli serangan lewat pukulan dan tendangan yang mereka lakukan. Akan tetapi, Safira bisa menjaga keunggulannya dengan skor 40-30.

Editor : Reynaldi Hermawan

Follow Berita iNews di Google News

Pada ronde ketiga, Safira mampu terus mengembangkan permainannya dan mendulang angka lewat beberapa bantingan dan tendangan yang dilakukannya hingga memimpin 61-43. Akan tetapi, tiba-tiba wasit menghentikan pertandingan saat waktu tersisa 18 detik dan malah memberikan kemenagnan kepada lawan.

Belum diketahui, apa alasan keputusan itu dibuat oleh wasit. Alhasil, Safira hanya membawa medali perak meski unggul jauh dari perolehan angka.

Kekalahan juga didapat oleh Muhammad Yachser Arafa di partai final nomor Kelas C Putra. Padahal, dia mampu unggul pada dua ronde pertama atas lawannya yakni Phiraphon Mitthasan dari Thailand dengan skor tipis 24-23.

Bahkan, Yachser masih unggul 27-24 hingga 1,5 menit jelang ronde ketiga berakhir. Sialnya, dia kehilangan banyak poin di detik-detik terakhir sehingga Mitthasan berhasil comeback dan mengalahkannya dengan skor 40-49. Alhasil, Yachser harus puas hanya membawa pulang medali perak.

Editor : Reynaldi Hermawan

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita