Piala Sudirman 2023: Skuad Indonesia Berubah, Rionny Mainaky Beri Alasannya - Sportstars

 

Piala Sudirman 2023: Skuad Indonesia Berubah, Rionny Mainaky Beri Alasannya



By sportstars.id
sportstars.id
April 7, 2023

JAKARTA -  Skuad ganda campuran Indonesi untuk Piala Sudirman 2023 mengalami sedikit perubahan. Berdasarkan rilis PBSI akhir pekan lalu, muncul pasangan Dejan Ferdinansyah/Gloria Emanuelle Widjaja yang sebelumnya tidak ada dalam skuad.

Sebelumnya, skuad ganda campuran Indonesia diperkuat Rinov Rivaldy/Pitha Haningtyas Mentari, Adnan Maulana/Nita Violina Marwah, dan Amri Syahnawi/Winny Oktavina Kandow. Namun dalam pengumuman resmi akhir pekan lalu, PBSI akhirnya sedikit mengubah komposisi tim di ganda campuran dengan memasukkan Dejan/Gloria. 

Duet PB Djarum itu menggantikan pasangan pelatnas Amri/Winny yang sebelumnya ada dalam skuad. Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi (Kabid Binpres) PBSI, Rionny Mainaky, mengungkapkan alasan perubahan tersebut.

Rionny pun mengungkapkan bahwa nama Dejan/Gloria sebenarnya sempat menjadi bahan pertimbangan masuk dalam skuad Piala Sudirman 2023. Tetapi, pertimbangan tersebut sedikit berubah karena adanya penurunan performa di All England dan Swiss Open 2023.

"Sebetulnya sejak awal ada mempertimbangkan mereka. Cuma terakhir yang di All England dan Swiss, mereka agak kurang baik. Hampir-hampir sama. Amri/Winny juga 3 kali pernah juara. Setelah juara itu mereka goyang," ucap Rionny kepada awak media, termasuk MNC Portal Indonesia di Pelatnas PBSI Cipayung, Rabu (3/5/2023).

"Makanya kita pikir kalau bisa coba pemain yang ada di dalam (pelatnas), ya dari dalam. Makanya kita berani umumkan. Lalu ada usulan, kita terima dengan baik dan memang kualitasnya mereka bagus, kita enggak bisa pungkiri," lanjutnya.

Follow Berita Sportstars di Google News

Alhasil, dengan berbagai pertimbangan, akhirnya Rionny memilih nama Dejan/Gloria untuk menemani Rinov/Pitha dan Adnan/Nita. Apalagi dengan kualitas yang dimiliki Dejan/Gloria membuat Indonesia mempunyai banyak pilihan untuk menentukan pasangan ganda campuran yang turun di Piala Sudirman 2023 nanti. 

"Kita lihat juga, karena kita perlu juga kan. Ini bukan bicara PBSI tapi bawa nama negara sebagai tim. Bagaimana tim itu bisa menjadi rata kekuatannya, itu menjadi pertimbangannya. Kita bisa pilih Rinov/Pitha buat lawan siapa, mereka (Dejan/Gloria) cocoknya lawan siapa. Itu makanya kita masukin mereka," sambungnya.

Selain itu, kesuksesan mereka di Badminton Asia Championships 2023 pada pekan lalu, semakin memperkuat keyakinan untuk membawa Dejan/Gloria. Pada ajang tersebut, pasangan peringkat 15 dunia itu sukses menggondol medali perunggu.

"Melihat kekuatan dan pengalaman, mereka bisa kalahkan (pasangan top) dan stabil dibanding yang di bawah Rinov/Pitha. Kita banyak pertimbangan. Terakhir di BAC mereka bisa perunggu, ya tambah keyakinan, jadi membuat tim kita merasa enggak salah," jelas Rionny.

Nantinya dalam persiapan menuju Piala Sudirman 2023, Dejan/Gloria juga akan ikut berlatih di Pelatnas PBSI Cipayung. Hal ini dimaksudkan demi menjaga kekompakkan antara tim jelang bergulirnya ajang bergengsi tersebut di Suzhou, China pada 14-21 Mei 2023.

Editor : Admiraldy Eka Saputra

Follow Berita Sportstars di Google News

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita