Greysia Polii Cerita Kegalauan saat Jalani Program Kehamilan: Harus Minum Obat Kategori Doping - Sportstars

 

Greysia Polii Cerita Kegalauan saat Jalani Program Kehamilan: Harus Minum Obat Kategori Doping



By sportstars.id
sportstars.id
April 28, 2023

JAKARTA - Greysia Polii bercerita soal tantangan dan kegalauan yang dihadapinya untuk menjalani program kehamilan. Legenda bulu tangkis Indonesia itu mesti bergelut dengan aturan dari Badan Anti-Doping Dunia (WADA). 

Sebagaimana diketahui, Greysia memutuskan pensiun sebagai pemain bulu tangkis profesional pada Agustus 2022. Dia ingin fokus membangun keluarga kecil bersama suaminya, Felix Djimin, yang dinikahi pada Desember 2020.

Sebelum itu, Greysia sudah memulai program IVF demi memiliki buah hati selepas merebut medali emas Olimpiade Tokyo 2020 bersama Apriyani Rahayu pada Agustus 2021. Di situlah gejolak batin mulai dirasakan dalam perjuangan menuju kehamilan.

Pasalnya, dalam proses freezing embrio pada program IVF itu, Greysia harus meminum banyak obat-obatan yang masuk dalam kategori doping di WADA. Padahal, dia adalah seorang atlet yang harus menghindari hal tersebut di setiap turnamen yang diikuti serta wajib menjalani tes doping dari WADA yang seringkali mendadak.

“Nah, waktu saya selesai dari Olimpiade, kelarlah tugas. Lalu saya dan suami mulai ikut program IVF seperti yang dikatakan dokter, semuanya kita ikutin," terang Greysia dalam konferensi pers di RSIA Bunda Jakarta, Rabu (3/5/2023).

"Namun, yang jadi kegalauan saya kalau mau program IVF itu ada banyak obat yang dimasukkan, tetapi pekerjaan saya ini harus seminim obat yang dimasukkan ke dalam tubuh saya,” sambung perempuan berusia 35 tahun itu.

"Galaunya itu, 'Waduh bagaimana ini.' Sedangkan saya sebagai atlet yang setiap hari mengisi schedule dari WADA sebagai lembaga anti-doping dunia," lanjut Greysia.

"Semua kegiatan kami mulai dari pergi ke mana, sedang di mana itu harus dilaporkan dan di-update setiap tiga bulan sekali. Nah, mereka itu datangnya untuk melakukan tes bisa mendadak, sering sekali seperti itu,” imbuh perempuan kelahiran Jakarta itu.

Follow Berita Sportstars di Google News

Temukan Jalan Keluar

Namun, pada akhirnya Greysia dan Felix menemukan jalan keluar. Mereka mengirim surat kepada WADA untuk meminta kemurahan atas kondisi tersebut. 

“Saya khawatir kan gimana caranya, akhirnya kami kirim surat ke WADA kalau saya akan melakukan program hamil yang di mana ada obat yang tidak boleh masuk," tutur Greysia.

"Tapi karena program hamil dan saya wanita jadi ada pegecualian di WADA soal itu. Tapi tetap saja ini jadi gejolak bagi kita berdua bolak-balik surat menyurat,” tutup jebolan PB Jaya Raya itu.

Pada akhirnya, perjuangan Greysia dan Felix berbuah manis. Mereka baru dikaruniai seorang putri bernama Jessia Selah Djimin yang lahir pada Sabtu 30 April 2023.

Editor : Wikanto Arungbudoyo

Follow Berita Sportstars di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek