Bendera Indonesia Terbalik: Kamboja Minta Maaf dan Doakan Merah Putih Sukses di SEA Games 2023 Halaman all - Kompas

 

Bendera Indonesia Terbalik: Kamboja Minta Maaf dan Doakan Merah Putih Sukses di SEA Games 2023 Halaman all - Kompas.com

Atlet dan ofisial kontingen Indonesia mengikuti defile saat upacara Pembukaan SEA Games 2023 di Stadion Morodok Techno National Stadium, Phnom Penh, Kamboja, Jumat (5/5/2023). Tim Indonesia membawa 599 atlet yang akan berlaga di 31 cabang olahraga dalam kompetisi multievent Asia Tenggara.

KOMPAS.com - Menteri Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kamboja, Hang Chuon Naron, meminta maaf kepada pemerintah Indonesia dan berharap tim Merah Putih sukses di SEA Games 2023 Kamboja

Permintaan maaf disampaikan menyusul insiden bendera Indonesia terbalik saat pra-event opening ceremony SEA Games 2023 di Stadion Morodok Techo, Jumat (5/5/2023). 

Menteri Pemuda dan Olahraga Indonesia, Dito Ariotedjo, juga mengatakan telah memberikan surat keberatan dan Kamboja akan melakukan evaluasi kepada penyelenggara. 

"Surat resmi keberatan dan teguran Indonesia ke penyelenggara SEA Games 2023 sudah kami layangkan," kata Dito Ariotedjo melalui pesan singkat kepada Kompas.com, Sabtu (6/5/2023). 

Video Terkini

Momen Bendera Indonesia Terbalik Menjelang Pembukan SEA Games
Flairene Candrea Jadi Pembawa Bendera Merah Putih di SEA Games 2023

"Menteri Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kamboja sudah secara resmi memohon maaf dan hari ini menindak serta mengevaluasi penyelenggara," tuturnya melanjutkan. 

Menteri Pendidikan, Pemuda, dan Olahraga Kamboja, Hang Chuon Naron, menyampaikan permohonan maaf dan berharap kesuksesan Indonesia di SEA Games 2023. 

"Saya sangat meminta maaf terkait insiden kemarin," kata Hang Chuon Naron dalam video yang diberikan Dito Ariotedjo kepada Kompas.com. 

"Saya ingin menyampaikan permohonan maaf saya. Saya berharap kesuksesan yang besar bagi tim Indonesia di SEA Games," ucapnya sambil menjabat tangan Dito. 

"Saya berharap Anda mendapatkan banyak medali emas," tutur Hang Chuon Naron melanjutkan. 

Insiden bendera Indonesia terbalik terjadi saat pre-show opening ceremony SEA Games 2023. Beberapa penyanyi lokal tampil dengan iringan penari yang membawa 11 bendera negara peserta. 

Namun, terlihat bendera Indonesia yang dibawa seorang penari berada dalam posisi terbalik.

Warna merah yang seharusnya berada di bagian atas dan putih di bagian bawah, justru berkibar dalam posisi sebaliknya. 

Adapun surat keberatan yang diberikan Indonesia ditandantangani oleh Pelaksana Tugas Sekretaris Jenderal NOC Indonesia, Harry Warganegara.

Surat bernomor 5.5.2/NOC-INA/SET/2023 tertanggal 5 Mei itu ditujukan kepada Sekretaris Jenderal NOC Kamboja dan CEO Camsoc Vath Chamroeun.

“Itu bendera terbalik sebelum pembukaan (SEA Games 2023),” ucap Ketua Umum NOC Indonesia, Raja Sapta Oktohari kepada Kompas.com pada Jumat (5/5/2023).  

“Jadi, pas mereka di sana, bendera terbalik, tetapi langsung dikoreksi. Jadi sudah komplain dan kirim surat. Itu sebelum official opening, pre-opening,” tutur dia.

Menurut pria yang akrab disapa Okto itu, insiden bendera terbalik merupakan kesalahan teknis dari Panpel SEA Games 2023.  

“Mungkin kesalahan teknis (insiden bendera Indonesia terbalik),” ucap sosok berumur 47 tahun tersebut.

Berikut isi surat keberatan Indonesia:

NOC Indonesia secara resmi menyampaikan keberatan kepada CAMSOC yang salah memasang bendera Indonesia dengan benar sebelum dimulainya Opening Ceremony 32th SEA Games 2023 di Stadion Morodok Techo National Stadium, Phnom Penh.

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita