Ambisi Alwi Farhan usai Vito Mundur dari SEA Games 2023: Demi Almarhum Syabda! - indosport

 

Ambisi Alwi Farhan usai Vito Mundur dari SEA Games 2023: Demi Almarhum Syabda!

Senin, 8 Mei 2023 20:37 WIB
Penulis: Martini | Editor: Isman Fadil
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan, jelang SEA Games 2023. (Foto: PBSI)
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan, jelang SEA Games 2023. (Foto: PBSI)

INDOSPORT.COM - Alwi Farhan berambisi untuk menampilkan yang terbaik di SEA Games 2023 cabor bulutangkis beregu putra, demi almarhum Syabda Perkasa Belawa.

Sebelumnya, Indonesia mengirim empat wakil tunggal putra di SEA Games 2023, tetapi Shesar Hiren Rhustavito akhirnya mundur karena mengalami cedera betis.

Dengan demikian, hanya tersisa Chico Aura Dwi Wardoyo, Christian Adinata, serta Alwi Farhan yang akan menjalani debutnya di SEA Games 2023 Kamboja.

Berdasarkan info dari pihak internal PBSI, mestinya Syabda Perkasa juga menjadi bagian dari skuat bulutangkis Indonesia di SEA Games 2023, tetapi ia terlibat kecelakaan maut.

Babak penyisihan bulutangkis beregu putra sudah mulai hari ini, Senin (08/05/23), tetapi Indonesia sudah lolos ke semifinal dan baru akan bermain pada hari Rabu mendatang.

Dengan mundurnya Shesar Hiren Rhustavito alias Vito, otomatis tiga wakil tunggal putra Indonesia akan bermain. Chico di tunggal pertama, lalu disusul Christian dan Alwi.

Sebagai pemain termuda dan baru akan menjalani debut di SEA Games Kamboja, Alwi Farhan mengaku dilingkupi perasaan gugup, tetapi ia mencoba mengontrolnya.

"Pastinya senang dan saya tidak sabar untuk bertanding di SEA Games ini," ucap Alwi Farhan, pebulu tangkis tunggal putra kelahiran Surakarta, pada 12 Mei 2005 lalu.

"Saat saya tahu saya terpilih untuk menjadi anggota tim SEA Games, awalnya terharu, tapi saya tetap bersyukur dan langsung mempersiapkan diri sebaik-baiknya."

Alwi Farhan dan tim bulutangkis Indonesia akan menghadapi Singapura pada babak semifinal beregu putra, Rabu (10/5/23) nanti.

1. Tekad Alwi Farhan Demi Syabda Perkasa

Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan di Piala Suhandinata 2022. Ia siap menjadi tumpuan di SEA Games 2023. (Foto: PBSI)
Pebulu tangkis tunggal putra Indonesia, Alwi Farhan di Piala Suhandinata 2022. Ia siap menjadi tumpuan di SEA Games 2023. (Foto: PBSI)

Dengan absennya Shesar Hiren Rhustavito di SEA Games 2023 dan tidak dapat diganti, otomatis Alwi Farhan akan selalu tampil di susunan utama tim sebagai tunggal ketiga.

Ketegangan pasti dirasakan oleh pemain yang baru berusia 18 tahun itu, tetapi Alwi memiliki cara sendiri untuk mengatasinya.

"Rasa tegang pasti ada, tetapi saya mau jadikan ini motivasi untuk menampilkan yang terbaik. Persiapan saya pun sudah cukup baik, jadi saya siap untuk berlaga," tekad Alwi.

"Saya mendapat dukungan yang besar dari PBSI, pelatih, dan senior-senior saya. Kami sharing banyak hal dan itu membuat rasa percaya diri saya naik," tambah Alwi lagi.

Alwi Farhan menyebutkan bahwa dukungan orang tua menjadi motivasi utama baginya. Selain itu, Alwi juga mengemban tanggung jawab setelah Vito memutuskan mundur.

Tetapi yang paling utama, Alwi Farhan ingin menunjukkan kemampuan terbaiknya di SEA Games 2023, demi sahabatnya yang sudah meninggal dunia, Syabda Perkasa Belawa.

"Selain itu, orang tua juga menjadi motivasi terbesar saya, karena mereka pasti bangga kalau anaknya bisa dapat medali emas," ungkap Alwi Farhan dalam rilis PP PBSI.

"(Motivasi) juga dari almarhum Bang Syabda (Perkasa Belawa), dan Mas Vito (Shesar Hiren Rhustavito) yang harusnya ada di sini untuk berjuang bersama-sama."

Berikut wakil bulutangkis Indonesia di nomor beregu putra untuk SEA Games 2023 Kamboja.

1. Chico Aura Dwi Wardoyo
2. Christian Adinata
3. Alwi Farhan
4. Bagas Maulana
5. Muhammad Shohibul Fikri
6. Pramudya Kusumawardana
7. Yeremia Erich Yoche Yacob Rambitan

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita