Ukraina Larang Atletnya Bertanding Lawan Rusia di Babak Kualifikasi Olimpiade Paris 2024 - inews

 

Ukraina Larang Atletnya Bertanding Lawan Rusia di Babak Kualifikasi Olimpiade Paris 2024

Umaya Khusniah
Ukraina Larang Atletnya Bertanding Lawan Rusia di Babak Kualifikasi Olimpiade Paris 2024
Sekretaris Kabinet Ukraina, Oleh Nemchinov melarang atletnya bertanding melawan Rusia di babak kualifikasi Olimpiade Paris 2024. (Foto: Reuters)

KIEV, iNews.id - Sekretaris Kabinet Ukraina, Oleh Nemchinov melarang atletnya bertanding melawan Rusia di babak kualifikasi Olimpiade Paris 2024

Keputusan itu muncul atas usulan Menteri Olahraga, Vadym Huttsait yang juga presiden komite Olimpiade Ukraina. Federasi nasional yang mengabaikan keputusan tersebut dapat dikenai sanksi.

Baca Juga

"Kami mengambil bagian dalam kompetisi kualifikasi hanya jika tidak ada orang Rusia. Partisipasi di luar kriteria ini dapat menjadi alasan untuk merampas status nasional federasi mereka," kata Nemchinov seperti dikutip oleh Suspilne, media publik Ukraina, Kamis (30/3/2023).

Shopee

Voucher Spesial iNews

Kupon Shopee

LIHAT KODE
🕒 14 Apr 2023

Komite Olimpiade Internasional (IOC) pada Selasa (28/3/2023) mengeluarkan rekomendasi untuk atlet Rusia dan Belarusia kembali secara bertahap ke kompetisi internasional sebagai netral.

Baca Juga

Sebelumnya, atlet dari kedua negara telah dilarang mengikuti sebagian besar kompetisi olahraga elite internasional sejak Maret lalu setelah invasi Rusia ke Ukraina. 

Baca Juga

Kementerian olahraga Ukraina mengutuk pedoman terbaru IOC pada Rabu (29/3/2023). Sementara kepala komite Olimpiade Rusia mengatakan kriteria IOC tidak dapat diterima.

IOC enggan mengecualikan Rusia dan Belarusia dari Olimpiade Paris karena takut kembali ke boikot era Perang Dingin. Pada Januari lalu, IOC menetapkan jalur bagi mereka untuk mendapatkan slot Olimpiade melalui kualifikasi Asia untuk bersaing sebagai atlet netral.

Baca Juga

Beberapa federasi telah menerima kembali atlet Rusia dan Belarusia dalam kompetisi. Tetapi rencana IOC juga ditentang oleh para atlet dan beberapa pemerintah Eropa.

Editor : Umaya Khusniah

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita