Koster Mau Tolak Tim Israel Lagi di WBG, DPRD Bali Beri Peringatan! - detik

Koster Mau Tolak Tim Israel Lagi di WBG, DPRD Bali Beri Peringatan!

Tim detikBali - detikTravel
Gubernur Bali Wayan Koster saat menguraikan capaian 44 program pembangunan di bawah kepemimpinannya saat kunjungan kerja di Tabanan, Jumat (3/2/2023). (chairul amri simabur/detikBali)
Foto: Gubernur Bali Wayan Koster (Chairul Amri Simabur/detikBali)
Denpasar -

Gubernur Bali Wayan Koster kabarnya akan menolak kembali Timnas Israel berlaga di World Beach Games 2023 yang digelar di Bali. DPRD Bali pun beri peringatan!

DPRD Bali tak ingin WBG 2023 yang akan diselenggarakan pada 5-12 Agustus 2023 batal seperti Piala Dunia U-20 sebagai dampak penolakan Koster terhadap kedatangan Timnas Israel.

Wakil Ketua DPRD Bali Nyoman Sugawa Korry, mengingatkan Koster untuk menyampaikan keberatan atau penolakannya terhadap kehadiran atlet Israel kepada pemerintah pusat. Sebab, WBG 2023 ialah program pemerintah pusat yang diselenggarakan di Bali.

"Kalau Pak Gubernur mengusulkan kepada pemerintah pusat atas keberatan atau ketidaksetujuannya, menurut saya adalah langkah yang benar," ungkapnya, Kamis (6/4/2023) lalu.

Menurut dia, karena program nasional dari pemerintah pusat itu lah, maka tak ada kewenangan pemerintah daerah untuk membatalkan event tersebut. Sehingga, pemerintah daerah wajib mematuhi apa pun yang jadi keputusan pemerintah pusat.

"Pendapat saya, Pemerintah Provinsi Bali diharapkan mengikuti keputusan pemerintah pusat. Tetap, kalau pemerintah pusat menetapkan keputusannya, sebagai bagian dari NKRI, kita (Bali) wajib untuk mematuhinya," imbuh Korry.

Ketua Komisi II DPRD Bali IGK Kresna Budi juga meminta Koster fokus mengurus kepentingan Bali dan tidak ikut campur dengan penyelenggaraan WBG 2023.

"Pak Gubernur, sebaiknya fokus untuk kepentingan Bali saja," usul politikus Partai Golkar itu, seraya mengkhawatirkan jika event olahraga skala internasional itu gagal dilakukan di Bali.

"Orang sudah berusaha membuat event di Bali agar keluar dari keterpurukan COVID-19. Aneh apabila Pak Gubernur mau menggagalkan WBG," ucapnya.

Sebelumnya, Gubernur Bali Wayan Koster mengisyaratkan penolakan kehadiran atlet Israel di WBG 2023. Isyarat itu tergambar dari pernyataan Koster yang menegaskan lagu kebangsaan Israel tidak boleh dinyanyikan di Indonesia.

"Karena telah diatur dalam Peraturan Menteri Luar Negeri, tidak boleh menyanyikan lagu kebangsaan Israel di wilayah Indonesia," ucapnya di Pura Besakih, Rabu (5/4/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) malah mengaku belum mendapat laporan perihal Koster yang memberi isyarat menolak atlet Israel pada WBG 2023.

"Saya belum, saya belum dapat laporan," tegasnya saat ditanyakan soal penolakan Koster.


-----

Artikel ini telah naik di detikBali dan bisa dibaca selengkapnya di sini.





Simak Video "Jokowi Belum Dengar soal Penolakan Atlet Israel di World Beach Game Bali"

(wsw/wsw)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita