Ketika Indonesia Terancam Dibanned FIFA, Palestina Siap Turun di Malaysia dan Timnas Israel U-20 Akan Mentas di Piala Dunia U-20 2023 - Okezone

 

Ketika Indonesia Terancam Dibanned FIFA, Palestina Siap Turun di Malaysia dan Timnas Israel U-20 Akan Mentas di Piala Dunia U-20 2023

3-4 minutesPresiden FIFA Gianni Infantino bisa menjatuhkan sanksi kepada Indonesia malam ini.
Presiden FIFA Gianni Infantino bisa menjatuhkan sanksi kepada Indonesia malam ini.

KETIKA Indonesia terancam sanksi FIFA, Palestina siap turun di Malaysia dan Timnas Israel U-20 bersiap mentas di Piala Dunia U-20 2023. Nasib Indonesia apakah terkena banned atau tidak akan ditentukan dalam negosiasi yang dilakukan Ketua Umum PSSI Erick Thohir dan Presiden FIFA, Gianni Infantino, pada hari ini Kamis, (6/4/2023).

Negosiasi ini dilakukan menyusul dicabutnya status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023 oleh FIFA. Federasi Sepakbola Dunia ini mencabut status Indonesia, ditengarai karena kecewa adanya penolakan terhadap kiprah Timnas Israel U-20 di Tanah Air.

(Presiden FIFA Gianni Infantino mencabut status Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Foto: REUTERS)

Sekadar diketahui, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dan Gubernur Bali I Wayan Koster menolak kehadiran Timnas Israel U-20 untuk bermain di wilayah mereka. Ironisnya, Jawa Tengah (Solo) dan Bali (Gianyar) merupakan dua wilayah yang dijadikan venue Piala Dunia U-20 2023.

Penolakan terhadap Israel ini disebut-sebut sebagai perjuangan terhadap rakyat Palestina yang selama puluhan tahun dijajah Israel. Sayangnya, di saat Indonesia terancam sanksi FIFA, sepakbola Palestina dan Israel adem-ayem.

Berhubung tak ada pembicaraan soal sanksi FIFA, Timnas Israel U-20 hampir pasti ambil bagian di Piala Dunia U-20 2023 yang dilangsungkan pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. Sejauh ini belum diketahui di mana Piala Dunia U-20 2023 akan dilangsungkan.

Namun, kabar yang beredar sejauh ini baru Argentina yang mengajukan diri sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023. Sementara itu, Palestina negara yang didukung sebagian masyarakat Indonesia tetap bisa menjalankan aktivitas sepakbola mereka.

Follow Berita Okezone di Google News

Selain bakal ambil bagian di Piala Asia 2023 yang dilangsungkan di Qatar pada awal 2024, Palestina juga akan mentas di Piala Merdeka 2023. Ajang ini merupakan turnamen tahunan garapan Malaysia yang pada edisi kali ini diikuti skuad Harimau Malaya, Palestina, Uni Emirat Arab dan Lebanon.

(Timnas Palestina siap tampil di Piala Merdeka 2023 dan Piala Asia 2023)

“Maksimal dua pertandingan untuk Palestina di Oktober. Piala Merdeka akan melangsungkan laga semifinal dan final. Tim yang kalah di semifinal akan mentas di perebutan posisi tiga” tulis akun Twitter @FutbolPalestine.

Sekarang harapannya FIFA tidak menjatuhkan sanksi kepada Indonesia. Jika lepas dari sanksi FIFA, PSSI akan leluasa menjalankan peta biru yang sudah dicanangkan.

Selain itu jika terbebas dari sanksi FIFA, Indonesia juga berpeluang menjadi tuan rumah Piala Dunia U-17 2023 yang digelar pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Sekadar diketahui, FIFA baru saja membatalkan Peru dalam statusnya sebagai tuan rumah Piala Dunia U-17 2023.

Follow Berita Okezone di Google News

(Ram)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita