Ini Alasan Toprak Razgatlioglu Disarankan Bertahan di WSBK Ketimbang Pindah ke MotoGP - Sportstars

 

Ini Alasan Toprak Razgatlioglu Disarankan Bertahan di WSBK Ketimbang Pindah ke MotoGP

By sportstars.id
sportstars.id
April 23, 2023

ASSEN – Toprak Razgatlioglu mendapat saran untuk tetap bertahan di WSBK ketimbang pindah ke MotoGP. Saran itu datang dari manajernya, Kenan Sofuoglu

Menurutnya, pembalap tim PATA Yamaha itu memang dibentuk dan dibesarkan untuk berkarier di WSBK, bukan untuk tampil di MotoGP. Toprak sempat menjalani tes keduanya bersama tim MotoGP Yamaha di Sirkuit Jerez selama jeda kompetisi WSBK April ini.  

Toprak Razgatlioglu ternyata belum menyerah untuk mengejar mimpinya bisa tampil di MotoGP. Kontraknya sendiri akan habis pada akhir musim 2023 ini. 

Sofuoglu pun mengungkapkan bahwa bintang asal Turki itu berniat untuk memperpanjang masa baktinya dengan Yamaha, tetapi pilihannya ada dua, yakni tetap di WSBK atau beralih ke MotoGP, untuk menggantikan Franco Morbidelli.

“Kami belum berbicara dengan manajer Yamaha tentang masa depannya. Kami perlu memikirkan apa yang harus dilakukan tahun depan,” kata Sofuoglu dilansir dari Speedweek, Minggu (23/4/2023).

“Kontrak Toprak dengan Yamaha akan habis pada akhir tahun, jadi dia bebas untuk tahun 2024. Tujuan utamanya adalah tetap bersama Yamaha. Dan kemudian ada dua pilihan – Superbike atau MotoGP,” tambahnya.

Sofuoglu merasa Toprak masih kesulitan untuk beradaptasi dengan motor M1 2023 yang digunakan Yamaha di MotoGP karena motornya lebih kaku dan posisi duduknya juga sangat berbeda. Lalu, dia membeberkan bahwa kliennya itu tak terlalu senang dengan hasil uji cobanya di Jerez.

Follow Berita Sportstars di Google News

Sofuoglu sendiri mengaku memang selalu menyarankan Juara WSBK 2021 itu untuk tidak pindah ke MotoGP dan tetap bertahan di WSBK. Alasannya, Toprak dianggap sudah bertumbuh sejak awal di WSBK sehingga bakal kesulitan beradaptasi jika pindah ke MotoGP. 

“Saya selalu memberi tahu Toprak untuk tetap di Superbike. Karena saya menjaga dan membangunnya selama bertahun-tahun untuk berkarier di Superbike, bukan untuk MotoGP,” jelas Sofuoglu.

“Toprak sangat bertalenta, mungkin lebih bertalenta dari kebanyakan pembalap MotoGP. Tetapi jika Anda ingin mengendarai MotoGP, Anda harus tumbuh di paddock GP, mulai dari Red Bull Rookies Cup hingga Moto3 dan Moto2. Tapi Toprak dibesarkan di sini di SBK, ini rumahnya,” tambahnya.

Meski begitu, Sofuoglu enggan memaksakan kehendaknya pada Toprak. Dia membebaskan pembalap berusia 26 tahun itu jika ingin tetap mengejar mimpinya bersaing di MotoGP.

“Namun demikian saya menghormati mimpinya. Tapi mungkin media memberinya tekanan yang mungkin membuatnya bingung. Dia tidak tahu persis apa yang harus dilakukan saat ini,” pungkasnya. 

Editor : Coro Mountana

Follow Berita Sportstars di Google News

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek