Bukan Minta FIFA Banned Israel Gara-Gara Aksi Brutal ke Sepakbola Palestina, AFC Justru Beri Pesan Menyentuh! - Okezone

 

Bukan Minta FIFA Banned Israel Gara-Gara Aksi Brutal ke Sepakbola Palestina, AFC Justru Beri Pesan Menyentuh!

3-4 minutesAFC minta Israel tak siksa lagi masyarakat Palestina.
AFC minta Israel tak siksa lagi masyarakat Palestina.

BUKAN minta FIFA banned Israel gara-gara aksi brutal ke sepakbola Palestina, Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) justru memberi pesan menyentuh. AFC meminta Israel menghentikan invasi ke Palestina, sekaligus menciptakan solidaritas yang kuat dengan federasi sepakbola Palestina.

Sekadar diketahui, tentara Israel melakukan aksi brutal di final Piala Liga Palestina 2023 yang mempertemukan Balata FC vs Jabal Al Mukabber pada Kamis, 30 Maret 2023 malam WIB. Saat itu, tentara Israel menembakkan peluru karet dan gas air mata ke arah lapangan dan tirbun stadion.

Akibat serangan itu, sejumlah suporter dan pemain mengalami sesak napas. Bahkan sejumlah suporter diketahui adalah anak-anak dan wanita. Setelah serangan itu, laga sempat ditunda selama satu jam.

Sehari berselang, berbagai kecaman dilayangkan sejumlah pihak ke Israel. Banyak pihak meminta FIFA menjatuhkan hukuman kepada Israel.

Jika hukuman dijatuhkan, Timnas Israel U-20 bisa batal tampil di Piala Dunia U-20 2023 yang dilangsungkan pada 20 Mei hingga 11 Juni 2023. AFC pun mengutuk keras serangan yang dilancarkan tentara Israel tersebut.

“Konfederasi Sepakbola Asia (AFC) mengecam keras serangan yang tidak beralasan dan mengerikan yang dilancarkan oleh pasukan Israel terhadap pemain dan penonton selama pertandingan final Piala Abu Ammar antara Balata FC dan Jabal Al Mukaber di Stadion Internasional Faisal Al Husseini pada Kamis malam,” tulis pernyataan AFC dilansir dari laman resmi AFC.

Follow Berita Okezone di Google News

“Gas air mata dan peluru yang dibungkus karet digunakan oleh pasukan Israel selama penyerangan, yang menyebabkan pertandingan dihentikan karena ada pemain dan penggemar Palestina, termasuk anak-anak dan wanita menderita sesak napas,” lanjut pernyataan tersebut.

Hanya saja, AFC tidak mendorong FIFA untuk menjatuhkan hukuman kepada Israel. AFC meminta Israel menghentikan tindakan kekerasan yang selama ini mereka lancarkan kepada Palestina.

“AFC menyerukan agar mengakhiri semua tindakan kekerasan yang dilakukan pasukan Israel terhadap raykat Palestina. Selain itu, Israel diimbau melakukan solidaritas yang kuat dengan Federasi Sepakbola Palestina dan Komunitas Sepakbola Palestina,” lanjut laporan AFC.

Sejauh ini, FIFA belum memberikan pernyataan terkait insiden di atas. Jadi, akankah FIFA terus menutup mata terkait aksi brutal yang dilancarkan Israel kepada Palestina?

Follow Berita Okezone di Google News

(Ram)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita