8 Kandidat Pengganti Graham Potter di Chelsea - bolanet

 

8 Kandidat Pengganti Graham Potter di Chelsea

Aga Deta | 3 April 2023 03:42
8 Kandidat Pengganti Graham Potter di Chelsea
Graham Potter usai laga tunda pekan ke-7 Premier League 2022/2023, Fulham vs Chelsea (c) AP Photo/Alastair Grant

Bola.net - Chelsea sudah memutuskan untuk berpisah dengan Graham Potter. Kini klub berjuluk The Blues tersebut sedang berburu manajer baru.

Pemecatan ini terjadi tidak lama setelah Chelsea menelan kekalahan 0-2 dari Aston Villa, Sabtu (1/4/2023) WIB lalu. Padahal, Joao Felix dkk tampil di hadapan publik Stamford Bridge.

Advertisement

Itu menjadi kekalahan kesepuluh Chelsea di Premier League dari 28 pertandingan. Dengan kekalahan tersebut, Chelsea merosot ke posisi 11 klasemen sementara dengan koleksi 39 poin.

Namun bagi Potter, kekalahan itu menjadi kekalahan ke-11-nya di semua ajang sejak menukangi Chelsea pada awal September 2022. Rekornya bersama The Blues bisa dikatakan kurang bagus.

Selama enam bulan menangani Chelsea, Potter cuma meraih 12 kemenangan, delapan imbang, dan 11 kekalahan dari 31 laga. Ada 33 gol dicetak dan 31 kali kemasukan.

Setelah memecat Potter, Chelsea kini sedang berburu manajer baru. Lalu, siapa yang bisa menggantikan posisi Potter di Stamford Bridge? Berikut ini nama-namanya.

1 dari 8 halaman

Julian Nagelsmann

Julian Nagelsmann
Julian Nagelsmann saat melatih Bayern Munchen. (c) AP Photo/Martin Meissner

Julian Nagelsmann saat ini sedang mengganggur. Dia belum lama ini dipecat Bayern Munchen dan digantikan oleh mantan manajer Chelsea Thomas Tuchel.

Nagelsmann berhasil mempersembahkan gelar Bundesliga pada musim lalu. Namun, dia dipecat pada musim ini setelah gagal mendongkrak performa Die Roten.

Kini Nagelsmann berpeluang datang ke Premier League. Dia disebut-sebut menjadi kandididat terdepan untuk menggantikan Graham Potter di Chelsea.

2 dari 8 halaman

Mauricio Pochettino

Mauricio Pochettino
Pelatih PSG Mauricio Pochettino. (c) AP Photo

Mauricio Pochettino masih belum menangani klub manapun setelah meninggalkan PSG tahun lalu. Dia dipecat Les Parisiens setelah memenangkan gelar Ligue 1.

Pelatih asal Argentina tersebut sudah dikaitkan dengan kursi kepelatihan Chelsea setelah pemecatan Tuchel. Dia diyakini masih tertarik untuk kembali ke London.

Meskipun begitu, Pochettino mungkin lebih tertarik untuk kembali ke Tottenham. Spurs juga sedang mencari manajer baru setelah memecat Antonio Conte.

3 dari 8 halaman

Brendan Rodgers

Brendan Rodgers
Manajer Leicester City Brendan Rodgers. (c) AP Photo

Brendan Rodgers bukan sosok yang asing buat Chelsea. Pelatih asal Skotlandia itu pernah menjadi manajer tim cadangan The Blues dari 2006-2008.

Rodgers belum lama ini dipecat oleh Leicester City. Keputusan itu diambil setelah The Foxes terseok-seok di zona degradasi.

Mantan manajer Celtic tersebut punya banyak pengalaman di Premier League. Sebelum Leicester, Rodgers juga pernah melatih Liverpool.

4 dari 8 halaman

Luis Enrique

Luis Enrique
Luis Enrique ketika menjadi pelatih Timnas Spanyol di Piala Dunia 2022 (c) AP Photo/Martin Meissner

Saat ini Luis Enrique sedang menganggur. Enrique mundur dari jabatannya sebagai pelatih timnas Spanyol setelah gagal total di Piala Dunia 2022.

Enrique sudah menyatakan keinginannya untuk kembali melatih. Pria berusia 52 tahun itu bisa mencoba tantangan baru di Premier League bersama Chelsea.

Sebelumnya, Enrique memiliki prestasi yang mentereng bersama Barcelona. Dia berhasil membawa Blaugrana menjuarai lima trofi dalam satu musim.

5 dari 8 halaman

Oliver Glasner

Oliver Glasner
Pelatih Eintracht Frankfurt, Oliver Glasner. (c) AP Photo/dpa/Andre Dedert

Oliver Glasner berhasil membawa Eintracht Frankfurt menjuarai Liga Europa pada 2022. Sejak itu, dia menjadi perhatian klub-klub Premier League.

Glasner masih memiliki kontrak sampai 2024 di Jerman. Namun, pelatih asal Austria tersebut sudah dikaitkan dengan Chelsea sebagai pengganti Graham Potter.

Namun, Chelsea menghadapi persaingan dengan Tottenham. Spurs kabarnya telah melakukan kontak dengan Glasner untuk mengisi posisi yang ditinggalkan Antonio Conte.

6 dari 8 halaman

Jose Mourinho

Jose Mourinho
Jose Mourinho pada laga leg kedua babak 16 Besar Liga Europa 2022/2023 antara Real Sociedad vs AS Roma. (c) AP Photo/Alvaro Barrientos

Jose Mourinho punya kisah yang sangat sukses bersama Chelsea. Dia berhasil memenangkan tiga gelar Premier League selama dua periode menangani The Blues.

Mourinho sekarang sedang melatih AS Roma. Pria asal Portugal tersebut tengah berusaha membawa Roma lolos ke Liga Champions pada musim keduanya di Italia.

Mourinho sebelumnya pernah bekerja di Manchester United dan Tottenham. Hal itu mungkin bisa membuat penggemar Chelsea tidak nyaman apabila The Special One kembali ke Stamford Bridge.

7 dari 8 halaman

Zinedine Zidane

Zinedine Zidane
Legenda Prancis Zinedine Zidane. (c) AP Photo

Zinedine Zidane merupakan salah satu pelatih mengganggur yang punya reputasi mentereng. Zidane sampai sekarang masih belum melatih klub usai berpisah dengan Real Madrid pada 2021.

Zidane meraih kesuksesan besar selama dua periode menjadi pelatih Los Blancos. Dia berhasil membawa raksasa Spanyol tersebut meraih tiga Liga Champions beruntun dan dua gelar La Liga.

Mantan pemain Juventus tersebut gagal menggantikan Didier Deschamps di timnas Prancis usai Piala Dunia 2022. Setelah lama menganggur, Zidane bisa mencari tantangan baru di Premier League.

8 dari 8 halaman

Diego Simeone

Diego Simeone
Pelatih Atletico Madrid, Diego Simeone (c) AP Photo/Bernat Armangue

Diego Simeone telah menangani Atletico Madrid sejak 2011. Pria asal Argentina itu dianggap sebagai pelatih paling sukses dalam sejarah klub di era modern.

Simeone berhasil membawa Atletico memenangkan dua gelar La Liga. Los Rojiblancos juga mengangkat dua trofi Liga Europa.

Kontrak kerja Simeone dengan Atletico berakhir pada tahun 2024. Namun, Simeone kabarnya siap hengkang untuk mencari tantangan baru pada musim panas nanti.

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita