2 Gol Haaland Lawan Leicester Bawa Man City Perpendek Jarak dengan Arsenal Jadi 3 Poin - Beritasatu

 

2 Gol Haaland Lawan Leicester Bawa Man City Perpendek Jarak dengan Arsenal Jadi 3 Poin

Minggu, 16 April 2023 | 01:23 WIB
Jaja Suteja / JAS
Striker Manchester City, Erling Haaland, mengeksekusi tendangan penalti yang menghasilkan gol saat bertemu Leicester City.
Striker Manchester City, Erling Haaland, mengeksekusi tendangan penalti yang menghasilkan gol saat bertemu Leicester City. (AP)

Manchester, Beritasatu.com - Striker Erling Haaland mencetak dua gol dan membawa Manchester City menundukkan Leicester City, 3-1, pada partai Liga Inggris di Stadion Etihad, Sabtu (15/4/2023).

Satu lagi gol tuan rumah dilesakkan bek John Stones. Gol balasan Leicester dicetak mantan pemain Man City, Kelechi Iheanacho.

Berkat kemenangan ke-22 ini, Man City pun--dengan koleksi 70 poin--memperpendek jarak dengan Arsenal menjadi tiga poin. Arsenal baru akan bermain pada Minggu (16/4/2023) dengan bertandang ke West Ham United. Partai di London itu akan menjadi pertandingan ke-31 Arsenal sementara Man City baru bermain 30 kali.

Sementara Leicester kini masih terpaku di urutan ke-19 karena baru meraih 25 poin dari 31 pertandingan. 

Advertisement

Bermain dalam formasi 4-3-2-1, Haaland menjadi andalan sebagai ujung tombak tunggal ditopang Bernardo Silva, Riyad Mahrez, dan Jack Grealish.

Skuad Pep Guardiola memang menunjukkan kedigdayaan mereka akhir-akhir ini. Sebelum bertemu Leicester, mereka sukses meraih 9 kemenangan beruntun di semua kompetisi, dengan terakhir mengalahkan raksasa Bundesliga Bayern Muenchen di perempat final Liga Champions pertengahan pekan ini.

Sebaliknya, Leicester kini belum pernah menang dalam 10 laga terakhir di semua kompetisi. Kemenangan terakhir didapatnya saat menang tipis dari Tottenham Hotspur, 11 Februari 2023 saat masih dilatih oleh Brendan Rodgers.

Rodgers dipecat oleh Leicester dan kini posisi pelatih Leicester diisi oleh manajer sementara Dean Smith. Namun mantan manajer Aston Villa dan Norwich itu juga gagal meraih poin dalam menjalani debutnya bersama the Foxes.

Pertandingan baru berjalan lima menit ketika Man City berhasil menjebol gawang Leicester melalui aksi John Stones.

Gol diawali aksi Rodri yang berhasil memenangkan duel di udara dengan Jamie Vardy. Pemain asal Spanyol itu kemudian mengirimkan umpan kepada John Stones yang disambut dengan tendangan kaki kanan oleh bek Timnas Inggris itu dan menjebol gawang Leicester.

Man City menambah keunggulan pada menit ke-13 berkat gol dari titik penalti yang dieksekusi Erling Haaland. Wasit Darren England memberikan hadiah penalti untuk tuan rumah setelah gelandang Leicester Wilfred Ndidi melakukan handball. Keputusan wasit sempat mendapat protes keras dari pemain Leicester.

Wasit sempat mengecek VAR untuk memastikan penalti ini. Haaland tampil sebagai eksekutor dan berhasil memperdaya kiper Daniel Iversen. Arah bola hasil tendangan kaki kiri Haaland bisa ditebak oleh Iversen namun tak bisa dicegahnya untuk bersarang di gawang.

Erling Haaland mencetak gol keduanya dalam laga ini dan membawa Manchester City unggul 3-0 atas tamunya itu pada menit ke-25.

Gol ini terjadi diawali serangan balik pasukan Pep Guardiola. Bola kemudian dikuasai Kevin De Bruyne yang memberikan umpan. Sodoran gelandang asal Belgia itu kemudian dimaksimalkan Haaland dengan sepakan kaki kiri yang kembali membuat gawang Leicester kebobolan. Ini menjadi gol ke-44 yang dicetak Haaland dalam 38 pertandingan di semua kejuaraan musim ini.

Leicester mendapat peluang memperkecil ketinggalan melalui aksi James Maddison. Dia melepaskan tendangan kaki kanan dari luar kotak penalti memanfaatkan sodoran Kiernan Dewsbury-Hall. Namun tembakannya berhasil diblok.

Man City tampil sangat dominan dengan mencatat 75% penguasaan bola. Mereka tampil efektif dengan menghasilkan tiga tendangan ke arah gawang dan menghasilkan tiga gol. Skor 3-0 bertahan hingga babak pertama usai.

Memasuki babak kedua, Guardiola menarik dua pencetak golnya, Erling Haaland dan John Stones, dan menggantikan mereka masing-masing dengan Julian Alvarez dan Manuel Akanji. Keputusan ini terkait jadwal Man City yang akan memainkan partai kedua babak perempat final Liga Champions di kandang Bayern Muenchen pada Rabu, 19 April mendatang.

Pada leg pertama di Stadion Etihad, Man City sukses memetik kemenangan telak 3-0 berkat gol Rodri, Bernardo Silva, dan Erling Haaland.

Man City sedikit mengendurkan serangan mereka setelah unggul telak 3-0 di babak pertama. Guardiola kemudian juga menggantikan Rodri dengan Kalvin Phillips pada menit ke-53.   

Leicester akhirnya mampu memperkecil ketinggalan pada menit ke-75 melalui striker Kelechi Iheanacho. Mantan pemain Man City ini berhasil menjebol gawang tuan rumah setelah dengan cepat bereaksi memanfaatkan bola muntah tendangan Harry Souttar yang ditepis kiper Ederson. 

Susunan pemain:

Manchester City (3-2-4-1): 31 Ederson; 2 Kyle Walker, 3 Rúben Dias, 14 Aymeric Laporte, 5 John Stones; 16 Rodri, 17, Kevin De Bruyne, 20 Bernardo Silva, 26 Riyad Mahrez, 10 Jack Grealish; 9 Erling Haaland.

Cadangan: 4 Kalvin Phillips, 6 Nathan Aké, 8 Ilkay Gündogan, ]18 Stefan Ortega Moreno, 19 Julián Álvarez, 21 Sergio Gómez, 25 Manuel Akanji, 80 Cole Palmer, 82 Rico Lewis

Leicester City (3-5-2): 31 Daniel Iversen; 15 Harry Souttar, 4 Caglar Soyuncu, 3 Wout Faes; 27 Timothy Castagne, 8 Youri Tielemans, 25 Wilfred Ndidi, 22 Kieran Dewsbury-Hall, 16 Victor Bernth Kristansen; 10 James Maddison, 9 Jamie Vardy

Cadangan: 1 Danny Ward, 14 Kelechi Iheanacho, 18 Daniel Amartey, 20 Patson Daka, 24 Nampalys Mendy, 26 Dennis Praet, 33 Luke Thomas, 37 Tetê, 40 Wanya Marcal-Madivadua

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Bagikan

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita