Tiongkok Marah Dituduh Covid-19 dari Kebocoran Laboratorium di Wuhan By BeritaSatu.com

 

Tiongkok Marah Dituduh Covid-19 dari Kebocoran Laboratorium di Wuhan

By BeritaSatu.com
beritasatu.com
February 28, 2023
Virus Corona
Virus Corona

Direktur FBI Christopher Wray mengatakan kepada Fox News pada hari Selasa bahwa Bironya sekarang telah menilai sumber Covid-19 "kemungkinan besar insiden kebocoran laboratorium di Wuhan".

Pejabat Tiongkok dengan marah membantah klaim tersebut, menyebutnya sebagai kampanye kotor terhadap Beijing.

"Amerika Serikat sekali lagi membangkitkan teori kebocoran laboratorium, yang tidak akan mendiskreditkan Tiongkok, yang akan semakin menurunkan kredibilitasnya sendiri," kata juru bicara kementerian luar negeri Mao Ning dalam pengarahan rutin pada hari Rabu.

Komentar Wray muncul setelah sebuah laporan awal pekan ini mengatakan Departemen Energi AS telah menetapkan bahwa kebocoran dari laboratorium Tiongkok kemungkinan besar menjadi penyebab wabah Covid-19.

Temuan departemen ini penting karena bekerja sama dengan jaringan laboratorium nasional, termasuk beberapa yang melakukan penelitian biologi tingkat lanjut.

Tetapi badan-badan lain dalam komunitas intelijen AS percaya bahwa virus itu muncul secara alami di dunia.

Dalam wawancara hari Selasa, Wray juga menuduh pemerintah Tiongkok berusaha menghentikan upaya AS untuk menyelidiki penyebab pandemi tersebut.

"Pemerintah Tiongkok ... telah melakukan yang terbaik untuk menggagalkan dan mengaburkan pekerjaan di sini, pekerjaan yang kami lakukan, pekerjaan yang dilakukan oleh pemerintah AS dan mitra asing dekat kami," kata Wray.

"Dan itu sangat disayangkan bagi semua orang."

Pada jumpa pers hari Rabu, Mao menegaskan kembali klaim Tiongkok yang sudah lama dan tidak berdasar bahwa virus itu bisa lolos dari laboratorium penelitian militer AS di Fort Detrick, Maryland.

“AS harus menghormati sains dan fakta, bekerja sama dengan Organisasi Kesehatan Dunia sesegera mungkin, mengundang pakar internasional untuk melakukan penelitian di negaranya, dan berbagi hasil penelitian dengan komunitas internasional,” katanya.

Komunitas ilmiah memandang penting untuk menentukan asal-usul Covid-19 untuk melawan atau bahkan mencegah pandemi berikutnya dengan lebih baik.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek