Partai Ummat Singgung Beda Perlakuan FIFA ke Timnas Israel dan Rusia - CNN Indonesia

 

Partai Ummat Singgung Beda Perlakuan FIFA ke Timnas Israel dan Rusia

CNN Indonesia
3-3 minutes
Rabu, 29 Mar 2023 23:38 WIB

Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi mempertanyakan perbedaan perlakuan FIFA terhadap Timnas Israel pada Piala Dunia U-20. (CNN Indonesia/Tohirin)

Jakarta, CNN Indonesia --

Partai Ummat mempertanyakan perbedaan perlakuan FIFA terhadap Timnas Israel pada Piala Dunia U-20 dengan Timnas Rusia pada Piala Dunia 2022.

Ketua Umum Partai Ummat Ridho Rahmadi mengatakan FIFA pernah mencoret Rusia dari kompetisi sepak bola dunia karena invasi ke Ukraina.

"Pada Piala Dunia 2022 di Qatar, FIFA juga mencoret Rusia dari keikutsertaan setelah Rusia dianggap melanggar nilai-nilai kemanusiaan dalam serangan militernya ke Ukraina," kata Ridho melalui keterangan tertulis, Rabu (29/3).

Ridho juga mengenang kebijakan FIFA pada kualifikasi Euro 1992. Kala itu, FIFA mencoret Yugoslavia karena alasan kemanusiaan.

Dia mempertanyakan alasan FIFA tidak melakukan hal serupa pada Israel. Ridho menyampaikan Indonesia tidak bisa menerima kehadiran Timnas Israel pada Piala Dunia U-20 karena amanat Pancasila.

"Kita tidak bisa membiarkan sebuah bangsa yang setiap hari membunuhi bangsa Palestina secara keji untuk ikut terlibat dalam event olahraga sepakbola terbesar di dunia," ujarnya.

Ia mendorong pemerintah untuk terus melobi FIFA terkait kehadiran Timnas Israel. Menurutnya, pemerintah harus tegas menyatakan sikap agar Israel dicoret dari gelaran itu.

"Sepak bola merupakan ekspresi kemerdekaan suatu bangsa. Liga-liga sepak bola atau pertandingan olahraga antarnegara dilandasi atas dasar perasaan egaliter, persamaan, semangat persatuan, dan jauh dari nuansa xenofobia," ucapnya.

Sebelumnya, keikutsertaan Timnas Israel pada Piala Dunia U-20 di Indonesia menuai kontroversi. Sejumlah elemen masyarakat menolak kehadiran Israel di Indonesia karena alasan konflik dengan Palestina.

Penolakan juga datang dari Gubernur Bali I Wayan Koster. Hal itu berbuntut batalnya drawing Piala Dunia U-20 yang seharusnya dihelat pekan lalu di Bali.

Ketua Umum PSSI Erick Thohir menemui FIFA di Doha untuk berkomunikasi tentang keikutsertaan Israel. Terbaru, FIFA membatalkan Indonesia sebagai tuan rumah Piala Dunia U-20 2023.

(dhf/pmg)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek