MUI Protes Kepesertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023, Ini Penegasan Ketua Umum PSSI Erick Thohir - Tribunnews

 

MUI Protes Kepesertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023, Ini Penegasan Ketua Umum PSSI Erick Thohir - Tribunnews.com

Penulis: Abdul Majid
Editor: Hasiolan Eko P Gultom
MUI Protes Kepesertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023, Ini Penegasan Ketua Umum PSSI Erick Thohir
Tribunnews/JEPRIMA
Ketua Umum PSSI terpilih Erick Thohir (tengah) menyampaikan pidato pertamanya usai Kongres Luar Biasa Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (KLB PSSI) 2023 di Jakarta, Kamis (16/2/2023). Erick Thohir angkat bicara soal polemik ikut sertanya Israel di ajang Piala Dunia U-20 2023 di Indonesia. 

MUI Protes Soal Kepesertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023, Ini Penegasan Ketua Umum PSSI Erick Thohir

Laporan Wartawan Tribunnews.com, Abdul Majid

TRIBUNNEWS.COM, JAKARTA – Tampilnya Timnas Israel pada Piala Dunia U-20 yang diadakan di Indonesia pada 5 Mei – 11 Juni mendatang terus menuai banyak protes.

Satu di antaranya datang dari Majelis Ulama Indonesia (MUI).

Menurut MUI, tampilnya Timnas Israel pada Piala dunia U-20 2023 di Indonesia akan menjadi permasalahan bagi masyarakat lantaran Israel masih dianggap sebagai penjajah bagai Palestina.

MUI juga sempat mengingatkan soal pemerintah dan negara Indonesia yang berkomitmen kuat untuk tidak membuka hubungan diplomatik dengan Israel selama persoalan penjajahan Palestina belum selesai.

Akan tetapi Wakil Ketua Umum MUI, KH Dr Marsudi Syuhud, mengungkapkan pihaknya saat ini tidak mau terburu-buru mengambil sikap.

“Kita ingin mendengar terlebih dahulu penjelasan dari Menteri Luar Negeri (Retno Marsudi) seperti apa,” ujarnya, Senin (13/3/2023).

“Kita ingin tahu aturan penyelenggaraannya seperti apa dan persiapannya bagaimana,” sambungnya.

Ketua Umum PSSI yang juga ketua Penyelenggara FIFA World Cup U-20 (LOC), Erick Thohir kembali menegaskan untuk hal itu ada di ranah Kementerian Luar Negeri.

Ketua Umum Erick Thohir, GBK Arena, Jakarta, Senin (6/3/2023). 
Ketua Umum Erick Thohir, GBK Arena, Jakarta, Senin (6/3/2023).  (Tribunnews/Alfarizy)

Sementara pihaknya hanya fokus dalam persiapan penyelenggaraan baik venue maupun Timnas Indonesia.

“Kan kemarin sudah disampaikan beberapa sekali Tupoksi daripada PSSI  ini mempersiapkan Tim Nasional. Betul? Kan ada tuh jobdesknya. Mempersiapkan secara teknis daripada penyelenggaraan,” kata Erick di SUGBK, Senayan, Jakarta, Senin (13/3/2023).

“Tentu domain daripada politik luar negeri Indonesia ada di Kemenlu. Itu sudah ada putusannya. Sudah ada rapatnya. Jadi kita harus bagi-bagi tugas dan tentu kembali kita fokus yang ada dulu hari ini,” jelasnya.

Tags:

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita