MUI Desak Pemerintah Tolak Israel Berlaga di Piala Dunia U-20 Indonesia 2023 - alonesia

MUI Desak Pemerintah Tolak Israel Berlaga di Piala Dunia U-20 Indonesia 2023

By Yasir Husain
alonesia.com
March 12, 2023
MUI mendesak Pemerintah untuk menolak keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023 yang diselenggarakan di Indonesia.
MUI mendesak Pemerintah untuk menolak keikutsertaan Israel di Piala Dunia U-20 2023 yang diselenggarakan di Indonesia.

ALONESIA.COM - Setelah mengalami banyak penolakan dari berbagai pihak, kini giliran Majelis Ulama Indonesia (MUI) mendesak Pemerintah untuk menolak Israel berlaga di Piala Dunia U-20 yang diselenggarakan di Indonesia.

Informasi ini disampaikan oleh akun Instagram @sepakbolaid, Kamis (9/3). MUI meminta agar pemerintah Indonesia menolak Israel sesuai amanat UU.

Sebelum MUIIsrael juga telah ditolak oleh berbagai pihak. Di antaranya, BDS Indonesia, MER-C, Aqsa Working Group (AWG), Komite Indonesia untuk Solidaritas Dunia Islam (KISDI), dll.

Dengan banyaknya penolakan tersebut, Ketua MUI, Sudarnoto Abdul Hakim, meminta ketegasan pemerintah soal ini. Israel tidak boleh berlaga di Piala Dunia U-20 Indonesia.

Sudarnoto menginginkan agar pemerintah bersikap tegas untuk tidak membuka diri dengan Israel. Hal ini harus terus dipertahankan selama Israel tak berhenti menjajah Palestina.

Sikap tegas tidak membuka hubungan diplomatik dengan Israel ini harus dipertahankan dan dijaga dengan sepenuh hati selama Israel masih terus menjajah bangsa Palestina,” tutur Sudarnoto.

Sudarnoto juga mengingatkan hal ini yang terkait dengan pembukaan UUD 1945. Diketahui bersama bahwa pada pembukaan UUD 1945 tersebut berbicara tentang penjajahan.

Penjajahan di atas dunia harus dihapuskan. Begitulah sepenggal bunyi teks pembukaan UUD 1945.

Jangan ada celah sedikitpun dengan alasan apa pun untuk mengkhianati amanat Pembukaan UUD 1945 dan merusak komitmen Presiden, sehingga membuka ruang bagi Israel untuk masuk ke Indonesia melalui jalur apa pun, termasuk jalur Piala Dunia Sepak Bola U-20,” tegas Sudarnoto.

Ketua MUI tersebut kemudian memberikan seruan agar semua harus tampil berani untuk menolak Israel ke Indonesia.

Tampillah dengan berani dan tegas menolak kehadiran rombongan Israel masuk ke wilayah Indonesia untuk Piala Dunia Sepak Bola U-20,” tambahnya.

Israel bukan hanya sekali ini mengalami penolakan. Telah banyak penolakan yang telah diterima sejak pertama puluhan tahun silam.

Sepanjang tindakan Israel menjajah Palestina, penolakan-penolakan bahkan bukan hanya datang di dunia sepak bola. Pada event olah raga lainnya juga pernah ditolak.

Pada pagelaran Asian Games, Israel juga telah menerima beberapa kali penolakan. Semuanya adalah efek penjajahan yang masih terus dilancarkan.

Berdasar pada peristiwa-peristiwa tersebut, MUI mengambil langkah tegas mendesak pemerintah agar tak memberi ruang kepada Israel berlaga di Piala Dunia U-20.***

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita