Modifikasi ala Fergie Time, Cara Erik Ten Hag PHP West Ham, Loloskan Manchester United ke Perempat Final FA Cup - suara

 

Modifikasi ala Fergie Time, Cara Erik Ten Hag PHP West Ham, Loloskan Manchester United ke Perempat Final FA Cup

tasikmalaya.suara.com
March 2, 2023
Erik ten Hag.
Erik ten Hag.

SuaraTasikmalaya.id - Setelah meraih juara Carabao Cup, selang 3 hari petualangan Manchester United berlanjut di ajang Piala FA. Lawan yang dihadapi adalah West Ham di babak kelima atau perdelapan final.

Laga dilangsungkan di kandang MU, Stadion Old Trafford, Kamis dini hari (2/3/23) pukul 02.45 WIB.

Setan Merah sempat direpotkan oleh anak asuh David Moyes. Beruntung berkat kejeniusan Erik ten Hag, perlawanan The Hammers akhirnya bisa diatasi menjelang berakhirnya laga.

Strategi Ten Hag memang tidak boleh dipandang sebelah mata. Dengan caranya ia mengubur mimpi West Ham maju ke perempat final.

Meski berstatus tim tamu, West Ham memberikan perlawanan yang sangat sengit. Hasilnya mampu unggul terlebih dahulu melalui Said Benrahma di menit 54.

Setan Merah tersengat dan bergegas untuk segera membalasnya. Usaha keras pemain MU akhirnya membawakan hasil pada menit ke-77.

Berawal dari sebuah sepak pojok, Bruno Fernandes mengirimkan umpan ke dalam kotak penalti yang penuh kerumunan pemain The Hammers.

Gol! Nayef Aguerd menyundul bola ke gawang sendiri. Skor pun sama kuat 1-1.

Ten Hag Menangkan Adu Taktik

David Moyes lalu memerintahkan anak asuhnya bermain lebih hati-hati. Pelatih asal Skotlandia itu sepertinya menargetkan hasil imbang. Yang mana akan berlanjut ke perpanjangan waktu atau adu penalti.

Ten Hag tampaknya tidak ingin laga berakhir seri. Timnya akan makin kelelahan jika harus lanjut ke extra time.

Dirinya kemudian melakukan beberapa perubahan untuk lebih memberikan tekanan kepada West Ham.

Ia memerintahkan Wout Weghorst agar lebih agresif dalam melakukan tracing. Selain itu Ten Hag juga menyuruh para gelandangnya bermain lebih ke depan.

Strategi itu akhirnya membuahkan hasil. Alejandro Garnacho mampu mencetak gol tepat di menit 90. Skor 2-1. Old Trafford pun bergemuruh dengan sorak sorai pendukung tuan rumah.

The Hammers terlihat terpukul hingga hilang konsentrasi. Di menit tambahan, gawang Alphonse Areola bobol lagi oleh gol Fred.

Weghorst berhasil memanfaatkan kesalahan bek lawan yang kurang sempurna mengontrol bola. Sebuah umpan pelan disodorkan ke Fred yang tanpa kawalan di kotak penalti.

Teringat Fergie Time

Laga ini membuktikan jika Manchester United sudah kembali memiliki mentalitas pemenang. Meski pertandingan akan selesai, mereka tak menyerah untuk terus mencoba mencetak gol.

Dua gol di penghujung laga tersebut juga mengingatkan fans MU kepada ‘Fergie time’ yang dulu dipopulerkan Sir Alex Ferguson. Kali ini dipertontonkan kembali oleh Ten Hag dalam versi lebih modern.

Pemain MU tetap ngotot mengurung lawan untuk mencuri gol dan tak ragu bermain keras dan provokatif.

Usai pertandingan, Ten Hag mengatakan jika dirinya bangga dengan para pemainnya. Apa yang dia minta mampu dilakukan dengan baik.

Salah satunya adalah Fred yang mampu mencetak satu gol itu. Pelatih asal Belanda itu mengakui jika itu adalah taktiknya.

“Kami mendorong para gelandang untuk masuk ke posisi yang lebih maju dan berkontribusi dalam serangan. Fred telah melakukannya dengan baik musim ini.

“Sangat bagus melihatnya mencetak gol,” kata Ten Hag pada Sky Sports, seperti dikutip dari kanal Youtube GL NEWS - REPORT (02/03/23).

Berbeda dengan West Ham, David Moyes mengaku kecewa dengan kekalahan ini. Menurutnya anak asuhnya sudah bermain sangat baik.

“Namun sayang hasilnya tidak memihak kepada kami. Saya kecewa kami tidak lolos. Kami bermain baik untuk mengalahkan mereka. Saya pikir kami bermain dengan baik khususnya selama 80 menit,” ungkap mantan manajer MU musim 2013/2014 itu.

Hasil ini membuat Manchester United berhak maju ke babak 8 besar. Sekaligus masih membuka peluang mereka meraih 4 gelar musim ini.

Selanjutnya United akan menjalani laga yang sangat berat di Premier League. Yaitu bertandang ke Anfield markas Liverpool, Minggu (5/3/23). (*)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita