Insiden Horror WSBK Mandalika 2023: Red Flag Berkibar, Motor Hancur, Kaki Loriz Baz Patah - detik oto

 

Insiden Horror WSBK Mandalika 2023: Red Flag Berkibar, Motor Hancur, Kaki Loriz Baz Patah

Ridwan Arifin - detikOto
Minggu, 05 Mar 2023 12:45 WIB


WSBK Mandalika 2023 Foto: M Agung Rajasa/Antara Foto
Jakarta -

Insiden mengerikan menimpa pebalap Bonovo Action BMW, Loriz Baz dalam gelaran Superpole Race World Superbike (WSBK) Mandalika 2023. Rider Prancis itu tidak bisa melanjutkan Race 2 karena dinyatakan tidak fit lantaran mengalami patah tulang kaki kanan dan pergelangan kaki.

Drama sudah tersaji sedari awal balapan Superpole Race di Sirkuit Mandalika, Nusa Tenggara Barat (NTB), Minggu (5/3/2023). Red Flag berkibar lantaran terjadi insiden pada lap pertama di tikungan 2 yang melibatkan Alex Lowes, Loriz Baz, dan Danilo Petrucci.

Tabrakan Lowes dan Baz sempat membuat Superpole Race dihentikan sementara sekitar pada pukul 10.30 WITA hingga waktu yang belum ditentukan. Tabrakan tersebut membuat kedua rider terpental. Akibatnya, motor Kawasaki ZX-10R milik Alex Lowes hancur.

Satu lap kemudian, Jonathan Rea (Kawasaki Racing Team WorldSBK) terjatuh di tikungan yang sama. Namun semua pebalap yang terjatuh bisa bergabung kembali sebab balapan di-restart!

Tapi saat balapan kembali dilanjutkan, Loriz Baz dan Alex Lowez kembali mengalami kontak. Kaki Loriz Baz mengalami kontak dengan Alex Lowes yang sedang melakukan pengurangan kecepatan ketika masuk ke tikungan 10 pada lap ketiga. Terlihat Loriz Baz sempat oleng, sedangkan kaki kanannya tidak 'nangkring' lagi ke atas foot step.

Baz kembali masuk ke dalam pit. Rider Prancis itu dibawa ke pusat medis dan dinyatakan tidak fit.

"Baz mengendarai motornya kembali ke pit tetapi dibawa ke pusat medis untuk pemeriksaan dan didiagnosis dengan fibula proksimal kanan dan patah tulang pergelangan kaki kanan, yang akan dinilai lebih lanjut dengan CT scan. Oleh karena itu, dia akan melewatkan Race 2 Putaran Indonesia," bunyi pernyataan WSBK dikutip Minggu (5/3/2023).

Dalam balapan yang dimulai kembali usai red flag berkibar, Toprak Razgatlioglu dan Bautista saling berhadapan di lap pembuka. Rider Turki itu berhasil menjauh dari kejaran Alvaro Bautista!

Jalannya balapan berlangsung seru! Alvaro Bautista seolah bakal menutup balapan di pos ketiga. Tetapi rider Spanyol itu kehilangan momentum, dia keluar dari balapan di tikungan 12 saat memasuki lap keempat.

Drama itu membuat Andrea Locatelli (Pata Yamaha Prometeon WorldSBK) naik ke posisi kedua, sementara Lowes menempati posisi ketiga. Red Flag berkibar lantaran terjadi insiden pada lap pertama di tikungan 2 yang melibatkan Alex Lowes, Loriz Baz, dan Danilo Petrucci.

Posisi tiga besar ini tidak berubah hingga garis finis. Artinya Razgatlioglu, Locatelli dan Lowes akan memulai Race 2 dari barisan depan sedangkan Bautista akan berbaris diurutan kesepuluh.

Jonathan Rea menempati posisi keempat dalam Superpole Race. Posisi lima besar ditempati oleh Axel Bassani.

Saat ini sedang berlangsung Race 2 WSBK Mandalika 2023.



Simak Video "Anjing Liar Masih Berkeliaran saat WSBK di Mandalika"
Anjing Liar Masih Berkeliaran saat WSBK di Mandalika

(riar/lua)

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek