Indonesia vs Irak: Program STY Hadapi Suhu Dingin Tuai Pujian - CNN Indonesia

 

Indonesia vs Irak: Program STY Hadapi Suhu Dingin Tuai Pujian

CNN Indonesia
3-4 minutes
Rabu, 01 Mar 2023 13:33 WIB

Pelatih fisik Persis Solo Sofie Imam Faizal mengatakan pemain Timnas Indonesia U-20 sudah mulai beradaptasi dengan suhu di Uzbekistan.

Timnas Indonesia U-20 mesti beradaptasi dengan suhu dingin di Piala Asia U-20 2023. (ANTARA FOTO/SIGID KURNIAWAN)

Jakarta, CNN Indonesia --

Pelatih fisik Persis Solo, Sofie Imam Faizal, memberikan pandangan soal kualitas adaptasi pemain Timnas Indonesia U-20 jelang Piala Asia U-20 2023 di Uzbekistan.

Mantan pelatih fisik Timnas Indonesia U-19 era Fakhri Husaini itu berpendapat skuad besutan Shin Tae Yong sudah berusaha maksimal untuk menyesuaikan suhu dingin di Uzbekistan.

"Dilihat dari waktu empat hari setelah [Timnas U-20] tiba dan program yang diberikan coach Shin, saya melihat anak-anak sudah mulai beradaptasi dengan suhu di Uzbekistan," kata Sofie kepada CNNIndonesia.com, Rabu (1/3).

"Cara berpakaian dan intensitas latihan selama empat hari akan membantu fisik pemain untuk beradaptasi," ujarnya menambahkan.

Sofie optimistis dengan kinerja STY di Uzbekistan. Ia memperhatikannya dari porsi latihan fisik yang diberikan STY dalam persiapan Piala Asia U-20.

"Saya mengetahui coach Shin dalam aktivitas program yang beliau susun sangat membantu adaptasi dan kebugaran pemain saat di Uzbekistan," ucapnya.

Sofie yang sedang menjalani studi magister sport science di Universitas Sebelas Maret itu mengatakan tantangan pemain Timnas Indonesia U-20 di Uzbekistan sangat berat ihwal adaptasi fisik. Pasalnya perbedaan iklim dapat mempengaruhi kondisi tubuh seorang atlet.

"Tantangan paling utama adalah secepatnya beradaptasi dengan suhu yang saya lihat sampai dua derajat celcius. Suhu dingin secara fisiologis berpengaruh pada fungsi kinerja otot," kata dia.

"Dalam penelitian Stock JM tentang Human Physiological Response to Cold Exposure mengatakan, suhu dingin sangat mempengaruhi kinerja otot, melemahkan sel otot, memperlambat metabolisme, dan mempercepat kelelahan otot," sambungnya.

Untuk beradaptasi lebih cepat, ia menyarankan Hugo Samir dan kawan-kawan untuk menutup bagian tubuh yang sensitif terhadap suhu. Bagian leher, tangan, dan kaki harus menjadi perhatian agar tak mudah kedinginan.

"Tujuannya untuk mengurangi persinggungan antara permukaan kulit dengan lingkungan sekitar sekaligus menghambat pelepasan panas di dalam tubuh," katanya.

Timnas Indonesia U-20 akan memulai pertandingan pertama Piala Asia U-20 2023 kontra Irak di Stadion Lokomotiv, Rabu (1/3), pukul 19.00 WIB.

Skuad Garuda Nusantara tergabung di Grup A bersama Irak, Suriah, dan tuan rumah Uzbekistan. Piala Asia U-20 2023 menjadi persiapan Indonesia jelang Piala Dunia U-20 2023.

(ikw/jal)

Baca Juga

Komentar

 Opsi Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita