Hasil WSBK Indonesia 2023 - Kalahkan Master Mandalika, Bautista Cetak Kemenangan Penting di Race 1 - Semua Halaman - Bolasport

 

Hasil WSBK Indonesia 2023 - Kalahkan Master Mandalika, Bautista Cetak Kemenangan Penting di Race 1 - Semua Halaman - Bolasport.com

By Ardhianto Wahyu Indraputra, Sabtu, 4 Maret 2023 | 13:06 WIB
Aksi pembalap Aruba.it Ducati, Alvaro Bautista, saat latihan bebas WorldSBK Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 3 Maret 2023.
Aksi pembalap Aruba.it Ducati, Alvaro Bautista, saat latihan bebas WorldSBK Indonesia di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, 3 Maret 2023. (TWITTER.COM/19BAUTISTA)

BOLASPORT.COM - Pembalap Aruba.it Ducati , Alvaro Bautista, mendominasi balapan atau race 1 seri WorldSBK Indonesia.

Pembalap bernomor 1 tersebut finis terdepan pada balapan yang digelar di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, Sabtu (4/3/2023).

Bautista berhasil mengatasi Toprak Ratzgatlioglu (PATA Yamaha Prometeon) yang terlihat akan menguasai Mandalika lagi setelah mencetak superpole.

Start Ratzgatlioglu dari posisi pertama sebenarnya cukup bagus.

Pembalap yang tahun lalu sukses menyapu bersih ketiga balapan seri Mandalika itu memimpin saat balapan dimulai.

Sang Master Mandalika diikuti Bautista yang menyalip Andrea Locatelli (PATA Yamaha Prometeon) untuk posisi kedua.

Insiden terjadi di tikungan pertama saat ban depan Michael Ruben Rinaldi (Aruba.it Ducati) beradu dengan ban belakang Axel Bassani (Motocorsa Racing).

Rinaldi, runner-up race 2 WSBK Australia harus gigit jari karena gagal finis sementara Bassani merangsek ke posisi tiga.

Pemenang dua balapan MotoGP, Danilo Petrucci, juga melesat dalam startnya dengan naik tiga posisi ke urutan empat, tepat di depan Locatelli.

Kembali ke depan, Ratzgatlioglu mencoba melepaskan diri dari rombongan tetapi Bautista tidak membiarkannya lepas.

Jarak pembalap masih rapat pada beberapa lap pertama. Jonathan Rea (Kawasaki Racing) terlihat mencoba menembus posisi lima besar.

Bautista akhirnya menyalip Razgatlioglu saat pada lap kelima. Lap berikutnya giliran Bassani yang mengeksekusi manuvernya ke pembalap Turki. Ducati 1-2.

Bautista segera memanfaatkan keberhasilannya memimpin lomba. Sang juara bertahan segera mencetak gap 0,5 detik hanya dalam 2 lap.

Razgatlioglu merespons dengan menyalip Bassani untuk merebut kembali posisi kedua pada lap ketujuh. Meski demikian, tak mudah baginya untuk mengejar Bautista.

Pada lap ke-11 jarak antara Bautista dan Razgatlioglu melebar menjadi 1 detik setelah pembalap di posisi pertama mencetak waktu lap terbaiknya.

Masih belum ada perlawanan nyata dari Razgatlioglu ketika dia kian tertinggal dari rival terbesar.

Justru Locatelli yang dapat mendahului penunggang Ducati Panigale V4 lainnya yaitu Bassani untuk naik ke posisi tiga.

Tujuh lap menuju balapan yang berlangsung selama 21 lap ini, Bautista makin nyaman di depan dengan gap melebar menjadi 2 detik atas Razgatlioglu.

Posisi pembalap terdepan tidak berubah hingga selesai. Bautista meninggalkan Ratzgatlioglu dengan jarak hampir 5 detik.

Persaingan justru seru di baris tengah di mana lima pembalap berebut posisi keenam, termasuk Jonatan Rea.

Pembalap keturunan Indonesia, Michael van Der Mark (ROKiT BMW Motorrad), menjadi pemenang dalam duel di baris tengah ini.

Kemenangan Baustista melanjutkan catatan sempurnanya setelah akhir pekan lalu mencetak hattrick pada seri pembuka WSBK Australia.

Posisi pertama juara dunia satu kali ini juga memutus catatan buruk Ducati di Mandalika.

Dalam dua edisi WSBK Indonesia sebelumnya, pabrikan yang sedang menguasai jagat balap motor sirkuit ini belum pernah menang.

1. Alvaro Bautista (Ducati)
2. Toprak Razgatlioglu (Yamaha)
3. Andrea Locatelli (Yamaha)
4. Axel Bassani (Motocorsa)
5. Danilo Petrucci (Barni)
6. Michael van Der Mark (BMW)
7. Javi Vierge (Honda)
8. Dominique Aegerter (GRT)
9. Jonathan Rea (Kawasaki)
10. Alex Lowes (Kawasaki)

*) hasil selengkapnya menyusul

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita