9 Perusahaan Indonesia yang Pernah Jadi Sponsor Klub Sepak Bola Dunia - inews

 

9 Perusahaan Indonesia yang Pernah Jadi Sponsor Klub Sepak Bola Dunia

9 Perusahaan Indonesia yang Pernah Jadi Sponsor Klub Sepak Bola Dunia
Perusahaan Indonesia yang pernah jadi sponsor klub sepak bola dunia (Ilustrasi: iNews.id/Komaruddin Bagja )

JAKARTA, iNews.id - Tahukah kamu perusahaan Indonesia yang pernah jadi sponsor klub sepak bola dunia? Meski sepak bola Indonesia kurang mendunia, tetapi cukup banyak perusahaan Tanah Air yang namanya menjadi sponsor tim-tim besar dunia.

Perusahaan-perusahaan tersebut berani menggelontorkan banyak dana untuk jadi sponsor tim-tim besar agar namanya semakin dikenal dunia. Bahkan, ada yang berani menjadi sponsor untuk klub-klub raksasa Eropa.

Baca Juga

Tak hanya perusahaan swasta, ada juga sejumlah perusahaan pelat merah yang juga melakukan pernah mensponsori klub sepak bola dunia. 

Perusahaan top Indonesia yang pernah menjadi sponsor resmi klub sepak bola dunia:

1. Dua Kelinci

Siapa sangka jika perusahaan kacang Dua Kelinci yang berdiri dari sebuah kota kecil di Jawa Tengah, Pati, pernah menjadi sponsor klub raksasa Spanyol, Real Madrid.

Baca Juga

Kacang Dua Kelinci menjadi sponsor Los Blancos pada 2011 hingga 2014. Tak hanya itu, perusahaan ini juga menjalin kerja sama lagi pada periode 2020-2024.

2. Garuda Indonesia

PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) pernah menjadi sponsor untuk klub sepakbola asal Inggris, Liverpool. Mereka rela menggelontorkan dana besar demi bisa meningkatkan global awareness dan mencapai tujuan untuk  menjadi pemain global. Kerja sama itu terjalin pada 2012 dan berakhir pada 2015.

Baca Juga

3. Extra Joss

Brand minuman berenergi asal Indonesia, Extra Joss, juga pernah menjadi sponsorship untuk  Manchester City. Kerjasama ini berlangsung pada 2013 silam. Selain itu, Extra Joss juga diketahui melakukan hal serupa untuk Liverpool pada 2019 lalu.

4. Bank Muamalat

Arsenal yang menjadi salah satu klub besar di Eropa juga pernah disponsori perusahaan asal Indonesia. Perusahaan tersebut adalah salah satu bank syariah, yakni Bank Muamalat. Bank Muamalat resmi menjadi sponsor Arsenal sejak 2016 hingga 2018.

Baca Juga

5. Bank Danamon

Selanjutnya, ada Bank Danamon yang pernah menjadi salah satu sponsor klub Manchester United pada tahun 2006. Dalam kerjasamanya, Bank Danamon bahkan diberikan hak untuk mencetak kartu kredit dengan logo MU.

6. Bank Negara Indonesia (BNI)

Bank BUMN yang satu pernah mengambil bagian menjadi sponsor untuk klub raksasa di Liga Inggris, Chelsea. Bank pelat merah tersebut diketahui menandatangani kontrak kerja sama dengan Chelsea pada 2012 hingga 2018.

Baca Juga

Saat masih menjadi sponsor Chelsea, BNI juga berhasil mendatangkan Chelsea ke Indonesia dan dihadirkan untuk bermain di Stadion Gelora Bung Karno pada 2013.

7. Jiwasraya

Berikutnya, ada perusahaan asuransi Jiwasraya yang pernah menjalin kerja sama dengan Manchester City. Jalinan kerja sama tersebut dimulai sejak 2014 dan berlangsung dua tahun. Meski begitu, Jiwasraya sempat dikritik oleh Arya Sinulingga (Staf Khusus Menteri BUMN), karena kondisi keuangan perusahaan sejatinya sedang tidak sehat.

8. Multistrada Arah Sarana

Perusahaan Multistrada Arah Sarana pernah menjadi sponsor untuk Manchester United. Perusahaan yang bergerak di bidang usaha manufaktur produk ban untuk mobil dan motor itu menjadi sponsor Setan Merah selama tiga tahun sejak 2013. Berkat kerja sama itu, produk Achilles dan Corsa digunakan oleh pemain MU.

9. Pertamina

AC Milan adalah salah satu tim yang memiliki banyak penggemar di Indonesia. Hal itulah yang menjadi alasan perusahaan minyak dan gas Pertamina menjalin kerja sama dengan klub asal Italia tersebut pada akhir 2012 silam.

Editor : Komaruddin Bagja

Follow Berita iNews di Google News

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita