Susul Investor Qatar, Sir Jim Ratcliffe dan INEOS Grup Panaskan Penawaran Akuisi Manchester United - Tribun-bali

 

Susul Investor Qatar, Sir Jim Ratcliffe dan INEOS Grup Panaskan Penawaran Akuisi Manchester United - Tribun-bali.com

Susul Investor Qatar, Sir Jim Ratcliffe dan INEOS Grup Panaskan Penawaran Akuisi Manchester United
Valery HACHE / AFP
Sir James Arthur Ratcliffe melambai sebelum pertandingan sepak bola Prancis L1 antara AS Monaco dan OGC Nice di "Stadion Louis II" di Monaco pada 20 April 2022. 

Susul Investor QatarSir Jim Ratcliffe dan INEOS Grup Panaskan Penawaran Akuisi Manchester United

TRIBUN-BALI.COM, INGGRIS - Persaingan mengakui klub raksasa Liga Inggirs, Manchester United terus berlanjut.

Kini Bos INEOS sekaligus orang terkaya di Inggris, Sir Jim Ratcliffe memanaskan persaingan dan tak ingin kalah dari investor Arab, Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani.

Adapun Keluarga Glazer selaku pemegang saham mayoritas telah menetapkan batas waktu tawaran pada Jumat 17 Februari 2023 waku Inggris.

Glazer pun mengungkapkan jika pihaknya terbuka dengan investasi minoritas maupun akuisisi penuh.

Dilansir dari Tribunnews.com, Jelang akhir dari batas waktu tersebut, investor Qatar, melalui Yayasan 92 yang dimiliki Sheikh Jassim Bin Hamad Al Thani (Kepala Bank Islam Qatar), resmi mengajukan tawaran akuisisi penuh.

Nilai tawaran yang diajukan dapat berubah setelah proses valuasi lebih lanjut dilakukan.

Namun, terbaru persaingan untuk mengakuisisi klub Liga InggrisManchester United semakin panas.

Terbaru pakar transfer asal Italia dan jurnalis SkySports, Fabrizio Romano melalui cuitannya menuliskan jika Sir Jim Ratcliffe telah melayangkan proposal resmi kepada keluarga Glazer.

"Setelah Sheikh Al Thani, tawaran INEOS untuk Manchester United juga telah diajukan malam ini. Sir Jim Ratcliffe ingin membeli klub seperti yang dinyatakan di depan umum," cuitnya di media sosial Twitter, Sabtu (18/2/2023) pagi WIB.

Tak hanya Fabrizio, media kenamaan The Athletic juga melaporkan hal senada soal penawaran resmi yang diajukan oleh bos INEOS ini.

Meski demikian, tidak dirinci senilai berapa "bid" yang dilayangkan oleh Sir Jim Ratcliffe.

Sir Jim Ratcliffe,melalui Grup INEOS, sebelumnya menjadi satu-satunya pihak yang menyatakan niat secara publik untuk melakukan akuisisi.

Ketua Grup INEOS asal Inggris Sir Jim Ratcliffe berada pada pertandingan Liga Prancis antara OGC Nice (OGCN) dan Paris Saint-Germain (PSG) di stadion Allianz Riviera di Nice, 18 Oktober 2019.
Ketua Grup INEOS asal Inggris Sir Jim Ratcliffe berada pada pertandingan Liga Prancis antara OGC Nice (OGCN) dan Paris Saint-Germain (PSG) di stadion Allianz Riviera di Nice, 18 Oktober 2019. (VALERY HACHE / AFP)

Pengusaha dari Britania Raya itu kini telah mengajukan tawaran secara resmi untuk melakukan akuisisi penuh.

Sebagai informasi, Sir Jim Ratcliffe merupakan pebisnis yang memiliki pengalaman dalam hal akuisisi klub sepak bola. Bos INEOS ini juga bertstatus sebagai pemilik klub Ligue 1, OGC Nice.

Penawaran Resmi dari Investor Qatar

Sheikh Jassim bin Hamad Al Thani, ketua salah satu bank terbesar Qatar, telah mengonfirmasi tawaran untuk membeli Manchester United.

Putra Mahkota Qatar ini mengumumkan bahwa dia telah mengajukan penawaran kepada Glazers untuk membeli 100 persen saham klub Man United.

Jassim bin Hamad Al Thani mengatakan dia ingin mengembalikan klub ke kejayaannya, baik di dalam maupun di luar lapangan.

Inilah prediksi susunan pemain Barcelona vs Manchester United, sejumlah pemain akan absen dalam laga ini.

Big match Barcelona vs Manchester United, akan terjadi di ajang playoff Liga Eropa musim 2022-2023.

Pertandingan leg pertama digelar di Stadion Camp Nou, Barcelona.


Bentrok dua raksasa Eropa ini, disiarkan langsung SCTV dan Vidio pada Jumat 17 Februari 2023 pukul 01.45 WITA.


Manajer Manchester United Erik ten Hag, telah memberikan pembaruan tentang kondisi timnya jelang laga bergengsi ini.


Erik Ten Hag mengonfirmasi dan memastikan kebugaran penyerang sayap Antony, striker Anthony Martial, dan gelandang Scott McTominay.
Inilah prediksi susunan pemain Barcelona vs Manchester United, sejumlah pemain akan absen dalam laga ini. Big match Barcelona vs Manchester United, akan terjadi di ajang playoff Liga Eropa musim 2022-2023. Pertandingan leg pertama digelar di Stadion Camp Nou, Barcelona. Bentrok dua raksasa Eropa ini, disiarkan langsung SCTV dan Vidio pada Jumat 17 Februari 2023 pukul 01.45 WITA. Manajer Manchester United Erik ten Hag, telah memberikan pembaruan tentang kondisi timnya jelang laga bergengsi ini. Erik Ten Hag mengonfirmasi dan memastikan kebugaran penyerang sayap Antony, striker Anthony Martial, dan gelandang Scott McTominay. (Istimewa/Twitter)

Tawaran itu tidak akan menimbulkan hutang, dan mereka mengatakan semua keuntungan akan diinvestasikan kembali melalui Nine Two Foundation.

"Kami ingin berinvestasi di tim sepak bola, pusat latihan, stadion, memperluas infrastruktur klub," demikian pernyataan Sheikh Jassim, dikutip dari Sky Sports.

Singkatnya, investasi ini akan memiliki tujuan agar Manchester United diakui di seluruh dunia karena keunggulan sepak bolanya dan dianggap sebagai klub terbaik di dunia.

"Visi dari penawaran ini adalah agar Klub Sepak Bola Manchester United terkenal dengan keunggulan sepak bola, dan dianggap sebagai klub sepak bola terbesar di dunia."

Pria berusia 41 tahun, dididik di akademi militer elit Sandhurst di Berkshire dan mengaku sebagai penggemar United seumur hidup.

Ia ingin mengembalikan tradisi lama dan kejayaan olahraga lama ke klub.

Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani (kanan) dan saudara laki-lakinya Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani saat pengundian Piala Dunia 2022 di Qatar di Doha Exhibition and Convention Center pada 1 April 2022.
Emir Qatar Sheikh Tamim bin Hamad al-Thani (kanan) dan saudara laki-lakinya Sheikh Jassim bin Hamad al-Thani saat pengundian Piala Dunia 2022 di Qatar di Doha Exhibition and Convention Center pada 1 April 2022. (GABRIEL BOUYS / AFP)

Langkah Sheikh Jassim ini dilakukan menjelang 'tenggat waktu' Jumat pukul 22:00 GMT untuk mengajukan proposal.

Keluarga Glazer diperkirakan minta £ 6 miliar untuk melepaskan kendali dari tim Liga Premier.

Sebelumnya juga diberitakan ada pula pemiat MU dari AS, Asia, dan negara tetangga yang berpotensi Arab Saudi.

Orang terkaya Inggris, pendukung United Sir Jim Ratcliffe juga telah mengumumkan bahwa dia akan menawar.

Namun demikian, belum ada perkembangan terkait dengan penawaran resmi pembelian Man United ini selain dari Jassim bin Hamad Al Thani.

(*)


[Category Opsiin, Media Informasi, Arena, Sepak Bola,Sepak Bola Internasional]

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita