Sandiaga: 25.000 Wisatawan Hadir di F1 Powerboat Danau Toba - Beritasatu

 

Sandiaga: 25.000 Wisatawan Hadir di F1 Powerboat Danau Toba

Senin, 27 Februari 2023 | 01:05 WIB
Oleh: Ichsan Ali / FER

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat jumpa pers di Media Center F1 Powerboat 2023, i kawasan Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige, Sumatera Utara, Minggu, 26 Februari 2023.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno saat jumpa pers di Media Center F1 Powerboat 2023, i kawasan Pelabuhan Muliaraja Napitupulu, Balige, Sumatera Utara, Minggu, 26 Februari 2023. (Foto: B Universe Photo/Ichsan Ali)

Balige, Beritasatu.com - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno menyebutkan, sebanyak 25.000 orang wisatawan telah berkunjung ke Danau Toba, Sumatera Utara, sebagai imbas dari ajang F1 Powerboat 2023, pada 25-26 Februari 2024.

Advertisement

Sandiaga bahkan menyebut angka wisatawan yang telah datang ke Danau Toba selama ajang F1 Powerboat melebihi 25.000 orang. Ke depan, Sandiaga akan memastikan detail jumlahnya.

"Tapi dengan target kunjungan wisatawan 25.000 itu, kita menargetkan sekitar 10% merupakan wisatawan mancanegara. Kelihatannya dari perhitungan awal yang bisa kita pantau, sepertinya tercapai malah terlampaui. Namun, detailnya akan kita sampaikan setelah kita sudah memiliki angka-angka final," jelas Sandiaga saat jumpa pers di Media Center F1 Powerboat Danau Toba, Minggu (26/2/2023).

Selain itu, Sandiaga menuturkan Kemenparekraf telah melakukan pelatihan terhadap pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif menyoal gelaran balap perahu motor super cepat ini.

Advertisement

"Nah kami tadi melihat memang pelatihan yang kami lakukan sudah menjangkau lebih dari 2.000 pelaku pariwisata dan ekonomi kreatif," ujarnya.

"Standar pelayanan Danau Toba sebagai destinasi super prioritas bisa mendekati standar layanan yang ada di destinasi lainnya dan yang mesti kita menjadi acuan itu Bali Karena kalau kita bicara Hospital di Bali atau standar pelayanan Bali itu yang baik," tambah Sandiaga.

Sebelumnya, Presiden Joko Widodo atau Jokowi berharap penyelenggaraan ajang F1 Powerboat 2023 atau balap perahu motor super cepat di Danau Toba, Kabupaten Toba, Sumatera Utara, bisa memicu pertumbuhan ekonomi.

Jokowi menuturkan, pertumbuhan ekonomi akibat ajang F1 Powerboat Danau Toba 2023 dapat membangun brand daerah, seperti penyelenggaraan ajang Internasional sebelumnya.

"Saya bicara apa adanya ya ini sebuah event yang sangat seru sekali dan saya juga baru pertama kali melihat F1 Powerboat ini dan kita harapkan event-event internasional ini bisa membangun brand setiap daerah. Di Danau Toba Ada F1 Powerboat, nanti di Mandalika ada MotoGP, di Jakarta ada Formula E," ungkap Jokowi.

Menurut Jokowi, kehadiran ajang internasional seperti F1 Powerboat ini dapat memicu sekaligus mendorong pertumbuhan ekonomi di daerah.

"Kalau ini ramai terus seperti ini, nanti dalam satu, dua, tiga tahun kedepan akan muncul. Pasti pembangunan hotel baru, karena memang dibutuhkan karena ada restoran-restoran baru akan muncul pertumbuhan ekonomi di daerah daerah super prioritas," jelas Jokowi.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 


[Category Opsiin, Media Informasi, Arena]

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita