Respons Kapolri Usai Pelatihan Manajemen Pengamanan Stadion Rampung - CNN Indonesia

 

Respons Kapolri Usai Pelatihan Manajemen Pengamanan Stadion Rampung

CNN Indonesia
Rabu, 01 Feb 2023 13:36 WIB
Kapolri berharap pelatihan terkait manajemen pengamanan stadion dengan Universitas Coventry dapat meningkatkan kualitas pengamanan sepak bola di Indonesia.
Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo bicara soal peningkatan pengamanan stadion sepak bola di Indonesia. (ANTARA FOTO/FAJAR ALI)
Jakarta, CNN Indonesia --

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berharap pelatihan terkait manajemen pengamanan stadion yang bekerja sama dengan Universitas Coventry dari Inggris dapat meningkatkan kualitas pengamanan laga sepak bola di Indonesia.

"Sebagaimana komitmen Polri akan terus melaksanakan peningkatan kualitas dari pengamanan, khususnya terkait dengan penyelenggaraan kompetisi besar khususnya sepak bola," ujarnya dalam konferensi pers, Rabu (1/2).

Listyo berharap dengan adanya pelatihan tersebut insiden maut di Stadion Kanjuruhan yang menewaskan ratusan orang tidak akan terulang lagi.

Pilihan Redaksi

Pelatihan tersebut juga sebagai bentuk tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang meminta agar Polri melakukan transformasi khususnya terkait pengamanan pertandingan.

"Sehingga semua bisa terselenggara dengan baik dan semuanya baik penonton, penyelenggara, pemain. Semuanya betul-betul bisa diamankan," tuturnya.

Lebih lanjut Listyo mengatakan pihaknya juga telah membuat Peraturan Kepolisian Nomor 10 Tahun 2022 yang mengatur terkait pengamanan pada pertandingan sepak bola.

Dalam aturan tersebut, Listyo mengatur pengerahan jumlah personel kepolisian hingga batasan bertindak selama pengamanan. Melalui aturan yang sama, Polri juga mewajibkan adanya analisa risiko antar stakeholder sebelum pertandingan.

Sebelumnya Mabes Polri telah mendatangkan lima pengajar secara khusus untuk memberikan kursus pengamanan pertandingan kepada anggota dan instansi terkait lainnya yang digelar sejak 25 Januari lalu.

"Terdiri dari tiga personel kalangan akademisi dan dua personel komandan pengamanan pertandingan sepak bola yang bersertifikasi FIFA, serta berpengalaman dalam memimpin pengamanan Piala Dunia 2022 di Qatar," ujar Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo, Jumat (13/1).

Dedi merinci kursus tersebut dihadiri oleh 56 personel Polri dari satuan kerja Itwasum, Baintelkam, Lemdiklat, Korbrimob, Sops, Ditpamobvit Dan Ditsamapta Korsabhara Baharkam Polri, Korlantas, Divhumas hingga Karoops Polda.

Selain itu juga terdapat 10 peserta kursus dari pihak eksternal yang berasal dari Kementerian PUPR, Kemenpora, Kemenkes, PSSI, dan PT LIB. Rencananya kursus tersebut akan dilakukan selama sembilan hari di Hotel Century Park, Jakarta Pusat.

(tfq/jal)

[Category Opsiin, Media Informasi, Arena, Sepak Bola, Sepak Bola Indonesia]
[Tags Featured, Pilihan ,Kapolri, Sepak Bola, Sepak Bola Indonesia]

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita