Reaksi Netizen Usai BAM Kutuk Guang Yik: Harus Dilaporkan ke BWF - CNN Indonesia

 

Reaksi Netizen Usai BAM Kutuk Guang Yik: Harus Dilaporkan ke BWF

CNN Indonesia
3-4 minutes
Senin, 13 Feb 2023 19:21 WIB

Netizen bereaksi keras setelah Asosiasi Badminton Malaysia (BAM) mengutuk pernyataan rasialis mantan pemain Malaysia Bong Guang Yik.

Ilustrasi badminton. (iStockphoto/ViktorCap)

Jakarta, CNN Indonesia --

Netizen bereaksi keras setelah Asosiasi Badminton Malaysia (BAM) mengutuk pernyataan rasialis mantan pemain Malaysia Bong Guang Yik.

Boang Guang Yik jadi sorotan setelah memberikan pernyataan kontroversial terkait manajemen pembinaan bulutangkis Malaysia lewat rekaman video.

Dalam video yang tersebar di media sosial itu, tidak saja mengkritik prestasi badminton Malaysia, tetapi juga menyinggung soal ras dan agama.

Selain itu Bong Guang Yik juga menyebut orang-orang Melayu sebagai sosok pemalas dan hanya tahu soal makan. Sikap Guang Yik itu mendapat kutukan dari BAM.

"BAM mengutuk komentar rasial menjijikkan yang diunggah oleh warga Malaysia yang tinggal di China. Warga Malaysia yang sedang melatih di China ini mengunggah video di akun Tiktok," tulis BAM.

Kutukan BAM yang diunggah di media sosial Twitter memunculkan reaksi keras dari netizen Malaysia. Netizen menilai sikap memalukan Guang Yik layak dilaporkan ke Federasi Badminton Dunia (BWF).

"Tolong buat laporan resmi ke BWF juga. Kemungkinan besar tidak ada tindakan yang akan diambil jika cuma di level CBA," kata @syazwan0403.

Sebagian besar warganet Negeri Jiran mengindikasikan muak dengan sosok Boang Guang Yik. Netizen ingin Guang Yik dilarang masuk Malaysia.

"Orang yang benar-benar sampah. Jangan pernah biarkan dia menginjakkan kaki di negara ini lagi!" tutur @annomaly001.

Absolute rubbish person. Dont ever let him set foot on this country again! Buang muka cina buang muka malaysian!

— Annomaly00 (@annomaly001) February 13, 2023

Kekecewaan mendalam netizen membuat mereka berharap Guang Yik menderita karena tidak lagi diterima Malaysia dan didepak dari China.

"Bayangkan dia dipecat CBA dan visa dimatikan kerajaan China, mau balik ke Malaysia lalu di bandara ditahan polisi, paspor diblokir imigrasi," ucap @han_asoka.

Bayangkan dia dipecat CBA dan visa ditamatkan kerajaan China, perlu balik Malaysia, then kat airport ditahan polis, passport disekat imigresen.

— Han Asoka 🙋🏾 (@han_asoka) February 13, 2023

"Pantas saja tiba-tiba berani, rupanya ada di China," kata @mohdiszie.

patutlah tiba² berani, ada di china rupanya, lagi berani budak hoki tu, minta maaf pun kena hukum, walaupun dia pelajar dengan kenaifan dia,
ini kalau minta maaf tapi tiada hukuman, faham² shjlah kalau dah dia ada di sana 😎

— mohd iszie (@mohdiszie) February 13, 2023

(sry/nva)


[Category Opsiin, Media Informasi, Arena, Bulu Tangkis]

Baca Juga

Komentar

 Opsi Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita