Presiden Jokowi: 5 dari 22 Stadion yang Diaudit, Rusak Berat - Beritasatu

 

Presiden Jokowi: 5 dari 22 Stadion yang Diaudit, Rusak Berat

Jumat, 24 Februari 2023 | 13:47 WIB
Oleh: Dwi Argo Santosa / DAS

Presiden Joko Widodo didampingi Ketum PSSI Erick Thohir meninjau titik lokasi pembangunan pusat latihan sepak bola nasional di kawasan sub wilayah perencanaan 1B Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat, 24 Februari 2023.
Presiden Joko Widodo didampingi Ketum PSSI Erick Thohir meninjau titik lokasi pembangunan pusat latihan sepak bola nasional di kawasan sub wilayah perencanaan 1B Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat, 24 Februari 2023. (Foto: BPMI Setpres)

Jakarta, Beritasatu.com - Lima dari 22 stadion sepak bola yang diaudit oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) ternyata rusak berat. Ke-22 stadion adalah stadion yang berkapasitas sekitar 20.000 penonton atau lebih yang berisiko tinggi dalam pelaksanaan Liga 1, Liga 2, serta Piala Dunia U-20 2023.

Advertisement

Hal itu disampaikan Presiden Jokowi di sela-sela peninjauan langsung titik lokasi pembangunan pusat latihan sepak bola nasional di kawasan sub wilayah perencanaan 1B Ibu Kota Nusantara (IKN) di Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Jumat (24/2/2023).

Presiden Jokowi menyampaikan bahwa hasil audit stadion sepak bola yang ia perintahkan kepada Kementerian PUPR menunjukkan lima dari 22 stadion yang diaudit dinyatakan rusak berat.

Audit tersebut merupakan respons atas terjadinya Tragedi Kanjuruhan yang menewaskan sedikitnya 135 orang pada 1 Oktober 2022.

Advertisement

"Dari hasil audit dan evaluasi dinyatakan oleh Kementerian PUPR, lima stadion rusak berat (dengan rekomendasi) empat stadion perlu direhabilitasi dan satu stadion harus dibongkar," kata Jokowi dalam keterangan yang disiarkan kanal YouTube resmi Sekretariat Presiden.

Presiden Jokowi: 5 dari 22 Stadion yang Diaudit, Rusak Berat
Presiden meninjau titik lokasi pembangunan pusat latihan sepak bola nasional di IKN.


Presiden juga menyampaikan hasil audit Kementerian PUPR berikutnya yakni 13 stadion dinyatakan rusak sedang dan perlu direnovasi, kemudian empat stadion lainnya berstatus rusak ringan dan hanya perlu renovasi ringan.

Sedangkan untuk Stadion Kanjuruhan di Kabupaten Malang, Jawa Timur, yang menjadi lokasi peristiwa berdarah pada 1 Oktober 2022, Presiden menyatakan akan dilakukan rehabilitasi total. Saat ini proses tersebut baru memasuki tahapan perancangan ulang.

"Khusus untuk Stadion Kanjuruhan, ini baru proses desain ulang untuk rehabilitasi totalnya," ujar Jokowi.

Pada kesempatan itu Presiden Jokowi juga menyampaikan akan membangun sebuah pusat latihan atau training center di kawasan Ibu Kota Nusantara (IKN) Nusantara.

Presiden Jokowi menetapkan langsung lokasi yang pembangunan pusat latihan sepak bola di IKN. Training center tersebut untuk mendukung kemajuan dunia sepak bola di Indonesia. Rencananya, terdapat delapan lapangan sepak bola yang akan dibangun.

"Pusat latihan dan lapangan sepak bola ini akan segera dikerjakan dan diharapkan selesai tidak lebih dari satu tahun,” kata Presiden Jokowi.

Pembangunan lapangan sepak bola di IKN Nusantara tersebut akan dibiayai oleh FIFA. Hal tersebut merupakan bukti kepercayaan internasional terhadap pembangunan IKN Nusantara.

"Pembangunannya ini akan dibiayai oleh FIFA. Hal ini menunjukkan kepercayaan internasional terhadap IKN," tegas Presiden Jokowi.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 


[Category Opsiin, Media Informasi, Arena, Sepak Bola, Sepak Bola Indonesia]

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita