Penyebab Pelatih Timnas Malaysia Kim Pan-gon Tega Pecat Shin Tae-yong dari Timnas Korea Selatan - Okezone

 

Penyebab Pelatih Timnas Malaysia Kim Pan-gon Tega Pecat Shin Tae-yong dari Timnas Korea Selatan

bola.okezone.com
February 13, 2023
Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon.
Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon.

PENYEBAB Pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon tega pecat Shin Tae-yong dari Timnas Korea Selatan akan diulas Okezone dalam artikel ini. Usai dipecat, Shin Tae-yong pun menjadi pelatih Timnas Indonesia.

Ya, Kim Pan-gon saat ini masih menjadi pelatih Timnas Malaysia yang diangkat sejak Jumat 21 Januari 2022 lalu. Ahli strategi 53 tahun itu ditunjuk Manajemen Harimau Malaya-julukan Timnas Malaysia- untuk mengganti Tan Cheng Hoe yang mundur setelah gagal berprestasi di Piala AFF 2020.

Sebelum jadi pelatih Timnas Malaysia, Kim Pan-gon lebih dulu menjabat sebagai Kepala Komite Pemilihan Pelatih Asosiasi Sepakbola Korea Selatan (KFA) sejak 2017. Selama memegang jabatan itu ia punya wewenang untuk memutuskan siapa pelatih Timnas Korea Selatan termasuk berhak memecat Shin Tae-yong.

Saat Kim Pan-gon menjabat sebagai KFA, Shin Tae-yong juga berstatus sebagai pelatih Timnas Korea Selatan pada 2018 lalu. Namun, Shin Tae-yong gagal membawa Taeguk Warrior lolos ke babak 16 besar Piala Dunia 2018 yang merupakan target dari Federasi Sepakbola Korea Selatan (KFA).

Hasil itu didapat setelah Korea Selatan kalah 0-1 dari Meksiko, 1-2 dari Swedia dan menang 2-0 kontra Jerman. Alhasil, Son Heung-min dan kolega gagal melaju ke babak selanjutnya.

Setelah kegagalan itu, Kim Pan-gon sebagai Komite Khusus KFA mengkritik Shin Tae-yong. Ia merasa tak puas dengan pencapaian yang telah didapatkan oleh pelatih 52 tahun itu dalam menangani Timnas Korea Selatan.

Follow Berita Okezone di Google News

"Meskipun Shin Tae-yong mungkin telah bekerja keras, tapi dia tidak menyentuh semua target dasar yang KFA berikan," ungkap Kim Pan-gon, dikutip dari Korea Herald, Senin (13/2/2023).

Pada akhirnya, Kim Pan-gon dan jajaran Komite Khusus KFA memutuskan untuk memecat Shin Tae-yong. Mereka langsung menunjuk Paulo Bento sebagai gantinya per 17 Agustus 2018.

Setelah dipecat oleh Kim Pan-gon, Shin Tae-yong kemudian menerima tawaran melatih Timnas Indonesia pada 2019. Kini, Shin Tae-yong pun menjadi pelatih yang dibanggakan masyarakat Indonesia.

Meskipun Shin Tae-yong masih belum bisa memberikan gelar untuk Timnas Indonesia, kehadirannya dapat meningkatkan performa permainan skuad Garuda. Bahkan, ia mampu meloloskan Timnas Indonesia ke Piala Asia 2023.

Follow Berita Okezone di Google News

(RNR)

[Category Opsiin, Media Informasi, Arena, Sepak Bola, Sepak Bola Indonesia]

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek