Makna di Balik Posisi Tak Lazim Wout Weghorst Saat Lawan Barcelona - Semua Halaman - Bolasport

 

Makna di Balik Posisi Tak Lazim Wout Weghorst Saat Lawan Barcelona - Semua Halaman - Bolasport.com

Penyerang Manchester United, Wout Weghorst, bermain sebagai gelandang saat melawan Barcelona pada play-off babak 16 besar Liga Europa 2022-2023, Kamis (16/2/2023) atau Jumat dini hari WIB.
Penyerang Manchester United, Wout Weghorst, bermain sebagai gelandang saat melawan Barcelona pada play-off babak 16 besar Liga Europa 2022-2023, Kamis (16/2/2023) atau Jumat dini hari WIB. (PAU BARRENA/AFP)

BOLASPORT.COM - Terdapat makna di balik posisi tak lazim yang dimainkan Wout Weghorst saat melawan Barcelona pada play-off babak 16 besar Liga Europa 2022-2023.

Manchester United tampil mengesankan saat bertandang ke markas Barcelona, Camp Nou, pada leg pertama play-off babak 16 besar Liga Europa 2022-2023.

Pasukan Erik ten Hag berhasil menahan imbang pemuncak klasemen sementara Liga Spanyol musim ini tersebut dengan skor 2-2.

Dalam hasil imbang di markas El Barca tersebut, pemandangan sedikit berbeda hadir dari kubu tim tamu.

Pelatih Setan Merah, Erik ten Hag, memasang Marcus Rashford sebagai penyerang utama.

Adapun Wout Weghorst, yang sejatinya berposisi utama sebagai penyerang tengah, perannya digeser ke tengah.

Penyerang jangkung asal Belanda tersebut berperan sebagai pemain nomor 10 di belakang Rashford dengan Bruno Fernandes dan Jadon Sancho di sisi kiri dan kanannya.

Striker Manchester United, Marcus Rashford, mencetak gol ke gawang Barcelona pada partai play-off Liga Europa 2022-2023, Kamis (16/2/2023). (JOSEP LAGO/AFP)

Itu adalah pengalaman pertamanya bermain sebagai gelandang serang nomor 10 sejak bergabung dengan Setan Merah pada musim dingin 2023.

Peran tak lazim yang dimainkan oleh Weghorst tersebut sejatinya mampu menciptakan peluang gol di babak pertama.

Meski demikian, penyerang pinjaman dari Burnley itu membuat pemain Barcelona kerepotan.

Ten Hag merasa sistemnya bekerja dengan sangat baik, dengan Man United menggetarkan lini belakang El Barca yang dominan.

Ditanya soal posisi Weghorst, Ten Hag mengatakan bahwa dirinya memasang sang penyerang lebih dalam untuk memancing rekan setim agar masuk dalam permainan.

"Saya kira strategi saya berhasil," kata Ten Hag, dikutip BolaSport.com dari BT Sport.

"Namun, bukan soal Wout Weghorst, meski dia melakukannya dengan baik bermain di posisi itu."

"Saya tahu dia bisa menjadi pemain nomor 10 bagi tim."

"Itu memberi kami banyak variasi, tetapi saya juga ingin membuat Jadon Sancho dan Bruno Fernandes masuk ke setengah ruang dan membuat mereka menguasai bola dan berlari dari sisi dalam."

"Di samping itu, dengan turut bergabungnya bek sayap, saya rasa tim mendapatkan banyak variasi serangan dan kami mendapatkan banyak peluang yang membuat memenangkan laga ini," tutur asal pelatih asal Belanda tersebut menambahkan.

Dalam laga yang berlangsung di Camp Nou, Kamis (16/2/2023) atau Jumat dini hari WIB, Manchester United sempat tertinggal 0-1 lewat gol Marcos Alonso pada menit ke-50.

Hanya butuh dua menit bagi mereka untuk menyamakan skor 1-1 melalui Marcus Rashford.

Sejatinya Bruno Fernandes cs mampu berbalik unggul pada menit ke-59 lewat gol bunuh diri dari Jules Kounde.

Di saat kemenangan dirasa bakal menjadi milik Man United, Raphinha datang untuk menyelamatkan Barcelona melalui golnya pada menit ke-76.

Wout Weghorst cetak gol debut di Manchester United dan lesakan brilian Marcus Rashford menangkan tim atas Nottingham Forest pada duel semifinal Piala Liga Inggris di City Ground (25/1/2023).
Wout Weghorst cetak gol debut di Manchester United dan lesakan brilian Marcus Rashford menangkan tim atas Nottingham Forest pada duel semifinal Piala Liga Inggris di City Ground (25/1/2023). (DARREN STAPLES/AFP)

Gol tersebut menyudahi laga dengan skor 2-2 bagi kedua tim.

Pada leg kedua play-off babak 16 besar Liga Europa, gantian Manchester United yang menjamu Barcelona di Old Trafford.

Duel penentuan untuk tiket babak 16 besar Liga Europa bakal berlangsung pada Kamis (23/2/2023) atau Jumat pukul 03.00 WIB.

Berkaca dari hasil seri 2-2 pada leg pertama, Man United hanya butuh kemenangan 1-0 saja untuk memastikan diri lolos ke babak 16 besar Liga Europa musim ini.

Hai Sobi, kamu tipe yang mana kalo nonton pertandingan?

[Category Opsiin, Media Informasi, Arena, Sepak Bola, Sepak Bola Internasional]


Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita