Jelang Pemilu 2024, Ketua MPR Minta Pemuka Agama Cegah Perpecahan Masyarakat - Viva

 

Jelang Pemilu 2024, Ketua MPR Minta Pemuka Agama Cegah Perpecahan Masyarakat

Jelang Pemilu 2024, Ketua MPR Minta Pemuka Agama Cegah Perpecahan Masyarakat
Ketua MPR Bambang Soesatyo (foto: MPI)

JAKARTA, iNews.id - Ketua MPR Bambang Soesatyo meminta para pemuka agama berperan mencegah perpecahan di masyarakat jelang Pemilu 2024. Pemuka agama harus menjaga persatuan selama tahun politik.

Hal itu disampaikan Bamsoet dalam acara bertajuk 'Perayaan Hari Persaudaraan Kemanusiaan Internasional dan Pekan Kerukunan Antar-Umat Beragama Sedunia' di Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta Pusat, Minggu (5/2/2023).

Menurutnya, tantangan bangsa ke depan semakin kompleks dan dinamis. Salah satunya, potensi perpecahan menyambut Pemilu 2024.

"Kita sama-sama tahu dan paham karena sejarah mencatat bahwa pada setiap penyelenggaraan Pemilu, hampir selalu meninggalkan residu ketegangan politik yang menyebabkan rakyat terpolarisasi pada kutub-kutub yang berseberangan," kata Bamsoet.

Bamsoet mengingatkan, jika potensi kerawanan ini tak dapat dicegah maka akan menyebabkan konflik horizontal. Di sinilah para pemuka agama bisa mengambil peran.

"Di sinilah peran bapak ibu sekalian para pemuka agama. Saya sungguh berharap bahwa komitmen dan semangat persaudaraan insani dan kerukunan umat beragama yang kita teguhkan hari ini dapat memperkuat soliditas kebangsaan kita," ujar Bamsoet.

Editor : Reza Fajri

Follow Berita iNews di Google News

[Category Opsiin, Media Informasi]

[Tags MPR,Pemilu, Pemilu 2024, Pilihan, Featured]


Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita