Gempa Turki, UEFA Gelar Mengheningkan Cipta Satu Menit di Laga Eropa - Beritasatu

 

Gempa Turki, UEFA Gelar Mengheningkan Cipta Satu Menit di Laga Eropa

Selasa, 14 Februari 2023 | 07:38 WIB
Oleh: Iman Rahman Cahyadi / CAH

Tim penyelamat melakukan operasi pencarian di antara puing-puing bangunan yang runtuh di distrik Elbistan di Kahramanmaras pada 11 Februari 2023, setelah gempa Turki berkekuatan M 7,8.
Tim penyelamat melakukan operasi pencarian di antara puing-puing bangunan yang runtuh di distrik Elbistan di Kahramanmaras pada 11 Februari 2023, setelah gempa Turki berkekuatan M 7,8. (Foto: AFP)

Zurich, Beritasatu.com - UEFA mengkonfirmasi akan melakukan acara mengheningkan cipta satu menit di setiap pertandingan Eropa pekan ini sebagai tanda penghormatan kepada para korban gempa Turki dan Suriah. Pada pekan ini pentas Eropa akan dipanaskan dengan pertandingan sistem gugur di Liga Champions, Liga Europa, dan Liga Konferensi Eropa.

Advertisement

Mengheningkan cipta selama satu menit akan dilakukan sebelum setiap pertandingan di seluruh kompetisi klub UEFA minggu ini. Tidak ketinggalan spanduk peringatan yang menampilkan pesan, 'Kami bersama Anda', akan ditampilkan dalam bahasa Turki dan Arab.

UEFA juga mengizinkan penggunaan ban lengan hitam atas kebijaksanaan tim dan wasit.

Pekan lalu, UEFA mengonfirmasi sumbangan sebesar €150.000 kepada Federasi Sepak Bola Turki dan tambahan €50.000 kepada Organisasi Bonyan dan Tiafi, keduanya membantu dalam penanggulangan bencana.

Advertisement

Trabzonspor adalah satu-satunya klub Turki yang beraksi di kompetisi UEFA minggu in. Mereka akan menjamu Basel di leg pertama pertandingan playoff babak sistem gugur Liga Konferensi Eropa.

Istanbul Basaksehir dan Sivasspor melaju ke babak 16 besar kompetisi itu sebagai juara grup, sementara Fenerbahce melaju ke babak yang sama di Liga Europa.

Hatayspor dan Gaziantep, dua klub yang berbasis di wilayah yang terkena dampak gempa, telah mengundurkan diri dari Super Lig Turki.

Mantan pemain sayap Chelsea, Newcastle dan Everton Christian Atsu, yang bermain untuk Hatayspor masih absen.

Lebih dari 33.000 orang tewas setelah gempa berkekuatan tinggi melanda Turki selatan dan Suriah utara Senin lalu. Turki mengatakan lebih dari satu juta orang di negara itu menggunakan tempat penampungan sementara setelah gempa, sementara lebih dari lima juta orang diperkirakan kehilangan tempat tinggal di Suriah.

Saksikan live streaming program-program BTV di sini

TAG: 


[Category Opsiin, Media Informasi, Arena, Sepak Bola, Sepak Bola Internasional]

Komentar

Baca Juga (Konten ini Otomatis dan tidak dikelola oleh kami)

Berbagi Informasi

Goal Indonesia

Kopiminfo

Liputan Informasi 9

Media Informasi

Opsiin

Opsi Informasi

Opsitek