Erick Thohir Sebut Dunia Puji Indonesia Jadi Tuan Rumah F1 Powerboat 2023 - Kumparan

 

Erick Thohir Sebut Dunia Puji Indonesia Jadi Tuan Rumah F1 Powerboat 2023

Peserta F1H20 sedang melakukan sesi kualifikasi untuk memperebutkan posisi start pada ajang kopiko F1 PowerBoat, Danau Toba. Foto: Dok. Istimewa
Peserta F1H20 sedang melakukan sesi kualifikasi untuk memperebutkan posisi start pada ajang kopiko F1 PowerBoat, Danau Toba. Foto: Dok. Istimewa
ADVERTISEMENT

Menteri BUMN Erick Thohir menuturkan Indonesia mendapatkan apresiasi dari para pembalap dan tim F1 Powerboat World Championship (F1H2O) 2023, yang digelar di Danau Toba, Sumatera Utara.

ADVERTISEMENT

Erick menuturkan, para pembalap memuji kemampuan Indonesia menjadi tuan rumah yang baik dan sukses sebagai penyelenggara. Menurut dia, para pembalap menyatakan pertandingan seperti di Danau Toba sangat ditunggu-tunggu selama ini.

"Balapan Powerboat di Danau Toba itu dilakukan di ketinggian 900 meter di atas permukaan air laut. Padahal selama ini, rata-rata balapan selalu di ketinggian yang sejajar dengan laut. Mereka menjadi tertantang," kata Erick melalui keterangannya, Minggu (26/2).

Dia menambahkan, apresiasi peserta F1 Powerboat 2023 kepada Indonesia juga disebabkan karena kemampuan dalam menyelenggarakan kompetisi kelas dunia.

"Mereka memuji, dan tidak menyangka bahwa ternyata Indonesia ini kelas dunia. Ini merupakan apresiasi dan ternyata kita sukses membuktikan," ujarnya.

Erick mengatakan bahwa kesuksesan dalam penyelenggaraan event olahraga kelas dunia seperti F1 Powerboat ini juga dapat bermanfaat kepada besarnya perputaran ekonomi dari kedatangan wisatawan lokal.

ADVERTISEMENT

"Sebagai catatan bahwa selama ini kita ada persepsi banyak turis asing itu (bagus), tidak salah, kita justru membangun event-event ini untuk turis lokal kita, yang mayoritas perputarannya di kita. Jadi jangan pernah menomorduakan turis lokal," tutur dia.

Sementara itu, Menteri Koordinator Maritim dan Investasi Luhut Pandjaitan menambahkan, dia meminta kepada penyelenggara F1H2O agar kompetisi perahu super cepat ini terus dilakukan di Danau Toba setidaknya dalam 5 tahun ke depan secara berturut-turut.

Ketua DPR RI Puan Maharani (kanan), Menteri BUMN Erick Thohir dan Menko Maritim Luhut Pandjaitan hadir pada Kejuaraan Dunia Perahu Motor Formula 1 atau F1 Powerboat World Championship (F1H2O) 2023 yang digelar di Danau Toba, Sumatera Utara, Sabtu. Foto: Dok. Istimewa

"Kami minta 5 tahun berturut-turut bisa terus diselenggarakan di sini. Tetapi dia juga mengatakan ke Ibu Puan, 50 tahun pun tidak apa-apa, karena dia sangat puas. Dia menilai inilah racing committee terbaik dibandingkan yang selama ini dia selenggarakan," ungkap Luhut.

ADVERTISEMENT

Ketertarikan pihak penyelenggara F1 Powerboat juga diungkapkan dengan rencana balapan yang diiringi konferensi besar negara-negara peserta. Luhut berkata akan ada acara Jet Sky keliling Danau Toba, selama 3 hari pada Oktober 2023 mendatang.

"Sekaligus dia akan upayakan ada konferensi besar dari F1 Powerboat di Parapat. Dihadiri 25-30 negara," tambahnya.

Adapun Ketua DPR Puan Maharani, menegaskan kesuksesan F1 Powerboat di Danau Toba kali ini menunjukkan bahwa Indonesia sudah semakin diakui oleh dunia internasional.

"Namun, saya juga harus mengingatkan pemerintah untuk tetap mengedepankan UMKM dan produk lokal yang akan bisa menunjukkan ke dunia internasional, bahwa keberagaman Indonesia itu bermacam-macam. Bukan hanya kesiapan dalam menyelenggarakan event internasional, tetapi bagaimana produk lokal itu bisa dikenal oleh dunia internasional," ujarnya.

ADVERTISEMENT

[Category Opsiin, Media Informasi, Arena]

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita