Berawal dari Pengalaman Pribadi Andritany Ardhiyasa, APPI Buat Gerakan Berantas Hate Speech - Bolasport

 www.bolasport.com

Berawal dari Pengalaman Pribadi Andritany Ardhiyasa, APPI Buat Gerakan Berantas Hate Speech

PT. Prima Infosarana Media
3-4 minutes
By Abdul Rohman, Rabu, 13 April 2022 | 08:00 WIB

Presiden APPI, Andritany Ardhiyasa, dalam acara buka bersama, di Jagakarsa, Selasa (12/4/2022). (ABDUL ROHMAN / BOLASPORT.COM )

BOLASPORT.COM - Presiden Asosiasi Pesepak Bola Profesional Indonesia (APPI), Andritany Ardhiyasa, mempunyai pengalaman yang kurang mengenakkan di media sosial.

Beberapa waktu lalu, Andritany Ardhiyasa menemukan komentar netizen dengan nama akun @mochamadnabil yang bernada melecehkan mengarah ke istrinya, Citra Destie.

Bahkan Andritany Ardhiyasa sudah melayangkan somasi kepada pemilik akun tersebut.

Baca Juga: Link Live Streaming Bayern Muenchen Vs Villarreal - Kapal Selam Kuning Bisa Karam di Allianz Arena

Maka dari itu, Andritany Ardhiyasa ingin memberantas hate speech atau ujaran kebencian yang digaungkan oleh APPI.

Nantinya juga akan bekerja sama dengan pihak berwajib.

"Mungkin pernah lihat di media sosial saya, saya membuat somasi," ucap pemain Persija Jakarta itu.

Baca Juga: Bocoran Kapan Liga 1 2022-2023 akan Dimulai

"Sebenarnya saya sudah lama ingin membuat gerakan itu."

"Saya lihat ini berdampak sangat luar biasa ke pemain," kata Andritany Ardhiyasa.

Bukan hanya sekali, dia mengaku pernah menerima ujaran kebencian pada 2019.

Baca Juga: Akui Kesalahan di COTA, Aleix Espargaro Siap Perbaiki di Eropa

"Saya sendiri pernah merasakan di 2019, waktu saya bermain di timnas, hate speech yang kemarin level terendah, saya pernah merasakan yang luar biasa, dihujat di media sosial, puluhan ribu orang, makin lama," ucap pemain berusia 30 tahun itu.

"Berawal dari somasi saya itu, berusaha bekerja sama dengan cyber, pihak kepolisian," tutur Andritany Ardhiyasa dalam acara buka bersama yang digelar APPI di Musim Kopi 27, Jagakarsa, Jakarta Selatan, Selasa (12/4/2022).

Menurutnya, hate speech mempengaruhi kondisi pemain saat tampil di lapangan sehingga tidak bisa bermain lepas.

Baca Juga: Timnas U-23 Indonesia Dipastikan Lebaran di Jakarta bersama Keluarga

"Agar pemain tidak terbebani akan dihujat, karena dampaknya itu ke timnas, ada pemain yang masuk ke timnas, takut untuk bermain, dan tidak main lepas," kata Andritany Ardhiyasa.

"Karena efeknya ke keluarga, terdekat, dan orang dicintai," ucap pemain kelahiran Jakarta itu.

Dia menambahkan, banyak pemain yang kurang paham untuk mengambil langkah apabila menerima hate speech.

Baca Juga: Menolak Tua, Sergio Ramos Ingin Umur Kariernya Sepanjang Milik Ronaldo

"Tidak semua mengerti jalurnya, karena saya ada di asosiasi, saya mengerti," tutur pemain timnas Indonesia itu.

"Kami membuat kerja sama ini agar si pemain yang tidak mengerti ini bisa lapor ke kami, ini caranya seperti ini," kata Andritany Ardhiyasa.

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita