Xavi Tak Mau Ikut Campur Drama Laporta Vs Koeman - Detiksport

 

Xavi Tak Mau Ikut Campur Drama Laporta Vs Koeman

Bayu Baskoro - detikSepakbola
Kamis, 10 Mar 2022 04:30 WIB
BARCELONA, SPAIN - NOVEMBER 20: Head coach Xavi Hernandez of FC Barcelona looks on during the La Liga Santander match between FC Barcelona and RCD Espanyol at Camp Nou on November 20, 2021 in Barcelona, Spain. (Photo by David Ramos/Getty Images)
Xavi Hernandez tak mau ikut campur dalam perseteruan Laporta dengan Koeman. (Foto: Getty Images/David Ramos)
Barcelona -

Xavi Hernandez tidak mau ikut campur dalam perdebatan antara Joan Laporta dan Ronald Koeman. Pelatih Barcelona itu menghormati Koeman selaku seniornya.

Koeman ditendang dari jabatan pelatih Barcelona pada akhir Oktober 2021. Juru taktik asal Belanda itu dianggap gagal mendongkrak performa Blaugrana selama setahun kepemimpinannya.

Keputusan tersebut membuat Koeman sakit hati hingga saat ini. Dia terutama kecewa dengan presiden klub, Joan Laporta, yang tidak memberinya waktu untuk mengembangkan tim.

Baca juga:

Joan Laporta membalas kecaman Koeman dan menyebut keputusannya memecat pria 58 tahun itu sudah tepat. Dia mengklaim Koeman perlu diberhentikan demi kebaikan klub.

Barcelona kemudian menunjuk Xavi Hernandez sebagai pelatih permanen menggantikan Ronald Koeman. Mantan kapten Los Cules tersebut menanggapi dingin perseteruan antara Laporta dengan Koeman.

Barcelona's head coach Ronald Koeman heads back down the tunnel at half time during a Spanish La Liga soccer match between Rayo Vallecano and FC Barcelona at the Vallecas stadium in Madrid, Spain, Wednesday, Oct. 27, 2021. (AP Photo/Manu Fernandez)
Eks pelatih Barcelona, Ronald Koeman. (Foto: AP/Manu Fernandez)

"Hubungan antara Koeman dengan presiden adalah salah satu hal di mana saya tidak mau terlibat atau berpendapat," kata Xavi, dikutip dari Mundo Deportivo.

Di satu sisi, Xavi tetap menghormati Koeman yang menjadi seniornya di Barcelona. Terlebih, legenda Timnas Belanda itu pernah menggembleng Xavi saat menjadi asisten pelatih Barcelona B pada 1998-1999.

Baca juga:

"Apa yang bisa saya katakan adalah saya sangat menghormatinya, Dia adalah salah satu pemain favorit saya ketika dia berada di Dream Team," ujar Xavi mengenai kiprah Koeman sebagai pemain generasi emas Barca asuhan Johan Cruyff.

"Saya tersentuh melihatnya bermain dan dia menggerakkan kami semua ketika dirinya mempersembahkan Piala Champions pertama kami. Dia adalah legenda klub dan itu tidak perlu dipertanyakan lagi," sambungnya.

"Saya pernah bekerja dengannya sewaktu dia menjadi asisten di Barca B. Dia ikut membantu saya dan saya hanya bisa memuji Koeman. Sebagai seorang Cules, saya bersyukur dia datang pada saat-saat sulit dalam sejarah klub. Dia meninggalkan Timnas Belanda untuk datang melatih Barca dan dia mengagumkan,".

"Dia melakukan pekerjaan dengan baik, dia seorang pelatih yang berani dengan pemain-pemain muda, yang sekarang menjadi kenyataan dan dialah yang bertaruh pada mereka. Saya hanya bisa mengatakan yang baik tentang Ronald," demikian kata Xavi Hernandez.

Baca juga:

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita