Perang Rusia vs Ukraina, Pelatih Sheriff Tiraspol Ikut Angkat Senjata: Saya Tidak Takut By Tribunnnews

 

Perang Rusia vs Ukraina, Pelatih Sheriff Tiraspol Ikut Angkat Senjata: Saya Tidak Takut

By
Ridho Panji Pradana
pontianak.tribunnews.com
3 min

TRIBUNPONTIANAK.CO.ID - Pelatih tim sepakbola Sheriff TiraspolYuriy Vernydub ikut turun angkat senjata membela Ukraina.

"Putra saya menelepon saya pada pukul 4:30 pagi dan dia mengatakan kepada saya bahwa Rusia menyerang kami. Saya tahu saat itu bahwa saya akan kembali ke Ukraina untuk berperang," kata Vernydub kepada BBC dilansir dari Marca.

“Kami terbang pulang dan mendarat di Iasi, Rumania. Saya kemudian pergi dengan bus ke Tiraspol, di Transnistria, dengan anggota tim lainnya pada Jumat malam dan berangkat ke Ukraina pada Sabtu pagi. Saya mendaftar pada hari Minggu. Butuh 11 jam dari Tiraspol ke rumah saya di Ukraina, bepergian melalui Odessa, kemudian melalui Kirovgrad, Kryvyy Rih dan kemudian Zaporoje, tetapi saya tidak bisa mengatakan itu sulit," tambah sang pelatih.

Sejak dia memutuskan untuk kembali ke Ukraina, Yuriy mendapat dukungan dari pemain dan pelatih lain Sheriff.

"Ketika kami mengalahkan Real Madrid, saya tidak dapat membayangkan ini. Beberapa anak laki-laki Sheriff menelepon saya dan saya telah menerima pesan suara. Mereka bertanya bagaimana keadaan keluarga saya, bagaimana keadaan anak-anak saya. Pada 1 Maret, Sheriff bermain di liga melawan rival dan mereka menang. Saya menghargai itu. Beberapa pelatih juga mengirimi saya kata-kata penyemangat," kata Vernydub.

"Memikirkan sepak bola memotivasi saya. Sepak bola adalah hidup saya. Saya harap perang ini tidak berlangsung lama. Kami akan menang dan saya akan kembali ke pekerjaan yang saya cintai," tambahnya.

Vernydub tidak bisa meninggalkan keluarga dan bangsanya sendirian.

Kecintaan Vernydub pada negaranya memotivasinya untuk kembali ke keluarga dan rakyatnya menghadapi tentara Rusia, tidak seperti ribuan rekan senegaranya yang lebih memilih meninggalkan Ukraina.

"Saya tidak ingin berbohong kepada Anda. Ketika saya kembali ke rumah, saya melihat banyak orang kuat meninggalkan negara itu. Jika mereka kembali, saya akan senang. Kita bisa pergi ke Moldova dan ini pilihan masih terbuka untuk anak-anak saya, untuk istri mereka, untuk cucu-cucu saya. Tetapi saya dan istri saya kami pasti tinggal di sini," kata Vernydub.

“Pertempuran terberat mungkin berjarak 120 km dari tempat kami berada. Tapi saya membuat keputusan jadi semuanya baik-baik saja. Saya tidak takut,”

"Saya berada di ketentaraan ketika saya masih muda - itu wajib untuk melakukannya selama dua tahun. Tapi itu di unit untuk olahragawan. Selama dua bulan, kami diinstruksikan secara teori dan setelah itu kami belajar cara menangani senjata. Tapi itu sudah lama sekali. Saya tidak bisa mengatakan bahwa saya kesulitan menggunakan senjata api, saya tahu cara menggunakannya," kata Vernydub.

"Saya tidak dapat memahami [Presiden Rusia Vladimir] Putin dan lingkarannya. Dan saya tidak dapat memahami orang-orang Rusia yang tidak menentangnya... Mereka mengatakan mereka membebaskan kita. Tapi dari apa? Mereka mengatakan kita fasis, Nazi... Mereka menyerang rumah warga sipil, tapi hanya mengatakan mereka menyerang infrastruktur militer. Mereka berbohong," tambahnya. (*)

Baca Juga

Komentar

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita