Siap Bela Timnas Indonesia, Anak Emas Pochettino Sekaligus Keturunan Raja Nusantara Tunggu Pinangan PSSI - Bolasport

 

Siap Bela Timnas Indonesia, Anak Emas Pochettino Sekaligus Keturunan Raja Nusantara Tunggu Pinangan PSSI

By Bagas Reza Murti, Rabu, 3 November 2021 | 12:45 WIB

Momen Jordi Amat melakoni debut bersama Espanyol di bawah asuhan Mauricio Pochettino, 24 Januari 2010. (INSTAGRAM.COM/JORDIAMAT5)

BOLASPORT.COM - Bek berusia 29 tahun asal Spanyol, Jordi Amat baru-baru ini menyatakan minatnya untuk membela timnas Indonesia.

Pesepak bola asal Spanyol, Jordi Amat baru-baru ini menggemparkan dengan pernyataannya yang ingin membela timnas Indonesia.

Pemain berusia 29 tahun yang kini membela tim Belgia, KAS Eupen secara terang-terangan mengaku siap membela timnas Indonesia.

Jordi mengaku memiliki keturunan Indonesia melalui sang nenek.

Bahkan darah Indonesia Jordi merupakan darah bangsawan, ia juga mengaku keturunan dari Raja Siau yang terletak di Sulawesi Utara.

Baca Juga: Di Luar Kalender FIFA, Timnas Indonesia Lawan Afghanistan dan Myanmar Saat TC di Turki

"Nenek saya yang selalu mendukung karier sepak bola saya, lahir di Makassar," ujar Jordi dilansir BolaSport.com dari wawancara dengan Marco Negeri via AS.

"Ibu nenek saya berasal dari Siau, dan ayahnya yang tak lain moyang saya adalah M.D Kansil," tambahnya.

Perlu diketahui bila M,D Kansil adalah kepanjangan dari Manalang Doelag Kansil, yakni Raja Siau yang berkuasa 1895 hingga 1909.

Menurut Jordi Amat, membela timnas Indonesia bakal brutal.

Ia juga menyentil PSSI untuk mendengar bahwa dirinya bersedia membela timnas Indonesia.

"Membela Indonesia, negara dengan 275 juta orang, akan brutal," ujarnya.

"Tetapi saya tak tahu langkah selanjutnya. Saya menunggu bagaimana ini terjadi."

Baca Juga: VAR Luput, Ada Handball Saat Gol Kedua Cristiano Ronaldo ke Gawang Atalanta Bikin Publik Geger

"Saya tidak tahu bila keinginan saya sudah didengar oleh federasi (PSSI)," tambahnya.

Jordi Amat mengaku ingin membawa pengalamannya selama 12 tahun berkarier di Eropa ke Indonesia.

"Saya telah berkarier di Spanyol, Inggris dan Belgia. Saya sudah berkarier 12 tahun dan ingin membawa pengalaman itu ke Asia," kata Jordi.

Jordi Amat merupakan produk asli akademi Espanyol.

Ia promosi ke skuad utama pada musim 2009-2010 dan membela tim asal Barcelona itu hingga 2012-2013.

Kemudian ia pindah ke Swansea dan pada 2019 lalu bergabung klub Belgia, KAS Eupen.

Jordi punya koneksi spesial dengan Mauricio Pochettino ketika keduanya membela Espanyol.

Baca Juga: Bukan Karena Cedera, Alasan Profesional Jadi Sebab Timnas Indonesia Tak Panggil Elkan Baggott untuk Piala AFF 2020

???????????? El central del KAS Eupen, Jordi Amat, atiende a diario AS para hablar sobre la posibilidad de representar a la selección absoluta de Indonesia https://t.co/i9BvXLxdzI

— Diario AS (@diarioas) October 30, 2021

Pelatih asal Argentina itu yang memberi Jordi Amat debut profesional di La Liga, tepatnya pada 24 Januari 2010.

"Pochettino seperti ayah bagi saya. Ada hubungan khusus, dia merawatku," kata Jordi Amat dilansir BolaSport.com dari The Independent pada 2016 lalu.

"Dia banyak berbicara dengan saya, berkata saya harus melakukan ini dan itu."

"Senang jadi bagian timnya pada waktu itu," tambahnya.

Bek setinggi 184 cm itu pernah bermain untuk tim U-19, U-20 dan U-21 Spanyol.

Baca Juga

Komentar

 Opsi Arenanews 


 Postingan Lainnya 

Informasi Olahraga Terbaru - Google Berita